Beraroma Tajam, Bawang Putih Justru Berkhasiat Sehatkan Pencernaan dan Perkuat Memori

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 15 Apr 2019 08:23 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bukan sekedar bumbu yang melezatkan makanan. Bawang putih bekhasiat menyehatkan usus dan memperkuat daya ingat.

Bawang putih memiliki anti mikroba dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Menurut sebuah studi baru dari University of Louisville. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengubah bakteri usus yang biasanya berhubungan dengan masalah ingatan yang dipengaruhi usia.

Studi ini juga melakukan percobaan terhadap tikus berusia 2 tahun (yang berkorelasi dengan orang yang berusia antara 56-69 tahun). Mereka kemudian membandingkan tikus-tikus ini dengan tikus-tikus berumur 4 bulan dan juga dengan tikus-tikus dengan umur yang sama, yang keduanya tidak menerima suplemen bawang putih.

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang menerima suplemen memiliki memori yang lebih baik dan bakteri usus yang lebih sehat daripada dengan tikus yang usianya sama, yang tidak menerima suplemen. Selain itu, tikus yang tidak mengonsumsi suplemen menunjukkan gangguan memori dan lebih banyak mengalami masalah peradangan usus.

Baca juga: Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil yang Penuh Manfaat

Beraroma Tajam, Bawang Putih Justru Berkhasiat Sehatkan Pencernaan dan Perkuat MemoriFoto: iStock
"Temuan kami menunjukkan bahwa pemberian bawang putih yang mengandung allyl sulfide dapat membantu menjaga mikroorganisme usus yang sehat dan meningkatkan kesehatan kognitif pada orang tua," kata Jyotirmaya Behera, PhD, penulis penelitian.

Butuh penlitian lebih lanjut untuk membuktikan bagaimana kesehatan usus berperan dalam kesehatan kita secara keseluruhan. Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan tentang bagaimana mikrobioma usus kita dapat berubah seiring bertambahnya usia. Karena yang kita ketahui dengan bertambahnya usia, maka ingatan juga berkurang dan mudah terserang Alzheimer atau dementia.

Beraroma Tajam, Bawang Putih Justru Berkhasiat Sehatkan Pencernaan dan Perkuat MemoriFoto: iStock

Intinya, temuan ini menunjukkan bahwa allyl sulfide yang ditemukan dalam bawang putih membantu ingatan dan dapat memulihkan bakteri usus. Meskipun penelitian ini baru pertama kali dilakukan dan sejauh ini hanya diuji pada tikus percobaan tetapi manfaat dari bawang putih sudah dikenal sejak dulu.

Dan apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang optimal, maka makanlah bawang putih mentah karena senyawa penambah daya ingat yang ada pada bawang bisa rusak apabila dimasak terlebih dahulu.

Baca Juga: Konsumsi Bawang Putih dan Madu Bisa Turunkan Berat Badan (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com