5 Tips Makan Sehat saat Lebaran agar Tubuh Tetap Bugar

Erika Dyah Fitriani - detikFood Senin, 10 Mei 2021 12:24 WIB
Serasa Salad Bar Foto: Dok. Serasa Salad Bar
Jakarta -

Hari Raya Lebaran biasanya identik dengan makanan-makanan yang bersantan dan berlemak yang bisa memicu penyakit tertentu. Sebaiknya tetap kontrol asupan makanan agar tubuh tetap sehat dan bugar, terlebih saat pandemi ini.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menyebut kesadaran masyarakat mengonsumsi makanan sehat selama Pandemi ini semakin meningkat. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan penjualan makanan sehat di Tokopedia.

"Transaksi makanan sehat seperti Granola meningkat hampir 3x lipat, Yogurt dan Oat lebih dari 4x lipat, sedangkan Muesli meningkat hampir 6x lipat pada kuartal I 2021 dibanding kuartal yang sama pada 2020," ungkap Ekhel dalam keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Dalam acara Virtual Ngabuburit Tokopedia pada Jumat (7/5) itu, Ekhel pun menyampaikan Tokopedia berkolaborasi dengan salah satu pelaku UMKM yang menjual makanan sehat yakni Serasa Salad Bar untuk membagikan tips dan inspirasi makanan sehat saat lebaran.

Serasa Salad Bar merupakan usaha yang didirikan sejak April 2015 dengan fokus menyajikan salad dan homemade dressing-nya. Ekhel mengungkap Serasa Salad Bar berhasil mencatat kenaikan transaksi lebih dari 17 kali lipat sejak bergabung dengan Tokopedia.

Penasaran dengan tips dan inspirasi dari Tokopedia dan Serasa Salad Bar? Berikut 5 informasi yang bisa Anda sontek untuk menyambut Lebaran di 2021 ini.

1. Hindari Makanan Kemasan

Pemilik Serasa Salad Bar, Fitriani Rahmah mengatakan membuat kue atau camilan sendiri di rumah bisa jadi alternatif makanan yang lebih sehat saat Lebaran.

"Dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat," jelas Fitriani.

2. Tambah Konsumsi Serat

Fitriani juga memberi tips untuk menyeimbangkan kebutuhan serat dan vitamin tubuh saat Lebaran, yakni dengan menyajikan sayur-sayuran seperti salad di antara hidangan Lebaran Anda.

Selain itu, Ekhel menambahkan jumlah transaksi sayuran di Tokopedia meningkat hampir 4x lipat pada kuartal I 2021, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

3. Smoothies Jadi Alternatif Minuman Manis

Fitriani menyebutkan minuman manis telah menjadi andalan masyarakat saat merayakan hari kemenangan. Meski demikian, ia berpesan untuk menghindari konsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak gula. Untuk itu, ia memberi tips untuk Anda yang ingin minuman manis yakni menggantinya dengan konsumsi smoothies yang dinilai lebih sehat.

"Green Smoothies dari Serasa, misalnya. Perpaduan rasa segar dari nanas, daun mint dan manisnya kurma bisa menjadi alternatif minuman menyegarkan dan sehat," ungkapnya.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Fitriani menjelaskan kandungan mineral yang baik di dalam air putih juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar dalam menyambut hari kemenangan.

5. Salad Buah Jadi Dessert

Fitriani juga memberi tips mengenai cara makan buah-buahan dengan menyenangkan. Seperti dengan mengombinasikan potongan buah-buahan dengan yoghurt dan granola.

"Selain itu, salad buah juga bisa menjadi menu penyegar yang sangat praktis untuk disajikan saat Lebaran," ujarnya.

Sebagai informasi, Tokopedia telah menghadirkan sederet inovasi sejak awal Ramadhan untuk tetap mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian. Adapun beberapa inovasi tersebut di antaranya WIB Spesial Ramadan, WIB Spesial Ramadan Ekstra, Parsel Ramadan, hingga Daily Ngabuburit.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com