Pandemi Bikin Penjualan Online UMKM Makanan Sehat Ini Naik 17X Lipat

Erika Dyah Fitriani - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 20:25 WIB
Serasa Salad Bar Foto: Dok. Serasa Salad Bar
Jakarta -

Pandemi COVID-19 meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Peningkatan tren kesehatan ini tampak dari meningkatnya transaksi produk kesehatan di e-commerce, termasuk produk makanan sehat.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkap adanya pandemi turut meningkatkan perhatian serta kesadaran masyarakat akan kesehatan.

"Kita lihat, makanan sehat ini peningkatannya cukup drastis di Tokopedia. Menurut kita, ini gambaran refleksi tentang pola konsumsi masyarakat yang mulai bergeser dan lebih peduli terhadap makanan sehat lebih tinggi lagi," kata Ekhel pada acara Virtual Ngabuburit Tokopedia, Jumat (7/5/2021).

Dalam acara bertemakan 'Tren Belanja Online dan Inspirasi Makanan Sehat Jelang Lebaran' ini, Ekhel pun menjabarkan peningkatan transaksi makanan sehat dari jenis kategori produk di antaranya Granola naik hampir 3x lipat, Sayuran hampir 4x lipat, Yoghurt dan Oat naik lebih dari 4x lipat dan Muesli naik hampir 6x lipat. Adapun peningkatan ini merupakan data kuartal I 2021 yang meningkat dibanding kuartal yang sama pada 2020.

Tak hanya itu ia pun mengungkap adanya peningkatan transaksi sebesar lebih dari 17x lipat selama pandemi dari salah satu UMKM lokal Serasa Salad Bar.

Founder Serasa Salad Bar Fitriani Rahmah menjelaskan pihaknya fokus menawarkan real food atau olahan varian salad dan homemade dressing sejak 2015 silam. Dengan menjual makanan sehat, Fitriani mengaku ingin mengubah mindset masyarakat bahwa makan makanan sehat seperti sayur itu menyenangkan, bahkan bisa jadi meal atau makanan utama. Untuk mendukung value yang ia giatkan, ia pun bekerja sama dengan petani dan artisan lokal dalam memasok sayur dan buah segar.

Di awal pandemi, kata Fitriani, pihaknya pun turut merasakan penurunan penjualan akibat banyaknya pembatasan aktivitas masyarakat. Kendati demikian, ia merasa momen berat pandemi ini sekaligus juga menjadi momen comeback untuk bisnis Serasa Salad Bar.

"Tantangan selama pandemi tentu yang paling kita hadapi penurunan sales, lumayan cukup signifikan. Karena waktu itu aktivitas orang-orang juga kan sangat terbatas. Tapi aku selalu merasa selama aku berbisnis dari tahun 2015, masa-masa sulit dan masa-masa mau nyerah itu bikin kita mikir secara kreatif tentang gimana caranya bisa berjalan terus," ungkap Fitriani.

Fitriani mengatakan tantangan ini menjadi PR untuk pihaknya semakin memikirkan cara agar masyarakat tetap memiliki minat akan makanan sehat. Ia mengaku adanya pandemi membuat pihaknya melihat perubahan tren yang ada dan berupaya untuk beradaptasi dengan hal tersebut.

Adapun salah satu adaptasi yang dilakukannya adalah memanfaatkan platform platform e-commerce seperti Tokopedia. Menurutnya, platform ini bisa mendistribusikan produk yang ia jual lebih luas lagi juga merangkul market lebih banyak. Fitriani pun mengungkap, Tokopedia berkontribusi cukup banyak terhadap penjualan Serasa Salad Bar, bahkan berhasil meningkatkan transaksi hingga 17x lipat.

"Yang seru dan bikin kita optimis yaitu orang semakin aware terutama saat pandemi, salah satu yang bisa menjaga imunitas mereka adalah dengan mengkonsumsi makan yang sehat," terangnya.

Sementara itu, Founder Serasa Salad Bar lainnya yakni Elfika Hepifesti menjelaskan pihaknya banyak melakukan kampanye lewat Tokopedia sebab menurutnya e-commerce ini memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan. Menurutnya, kemudahan yang ada di e-commerce membantu pihaknya memasarkan produk Serasa Salad Bar hingga ke seluruh Indonesia.

"17x lipat transaksi itu buat Serasa Salad Bar secara internal juga jadi suatu achievement. Banyak program di Tokopedia yang membantu kita menjangkau konsumen baru yang belum pernah dengar Serasa sebelumnya," pungkas Elfika.

Sebagai informasi, Serasa Salad Bar kini tersedia secara offline di area Jakarta, Bekasi, dan Bandung dengan menawarkan berbagai produk makanan sehat seperti salad, homemade dressing, smoothies, dan berbagai minuman sehat artisan. Tak hanya itu, Serasa Salad Bar juga menawarkan berbagai produk unggulan yang di Tokopedia dengan tujuan mengajak masyarakat makan sayur serta makanan sehat lainnya dengan cara yang menyenangkan.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com