7 Makanan Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 07:30 WIB
Begini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQ Foto: iStock
Jakarta -

Tekanan darah tinggi dan kolesterol sangat berhubungan erat. Hipertensi adalah kondisi di mana saat kadar tekanan darah lebih tinggi dari normal.


Sedangkan kolesterol adalah jenis lemak dalam darah yang diproduksi secara alami oleh tubuh Anda. Kolesterol banyak terdapat pada beberapa makanan seperti jerohan.

Tubuh memang membutuhkan kolesterol, akan tetapi ketika kadar kolesterol di dalam darah tinggi maka hal ini dapat mempercepat proses aterosklerosis. Ini juga terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri sehingga membuatnya lebih sempit.

Hal ini membuat darah sulit mengalir dan lama kelamaan dapat menyebabkan serangan jantung dan juga stroke.

Agar risiko ini tak terjadi, sebaiknya konsumsi makanan penurun tekanan darah dan kolesterol yang sehat:

1. Oat

Makan makanan biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Oat dan barley sangat istimewa karena mengandung jenis serat larut yang disebut dengan beta glukan. Beta glukoan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL 'jahat' dalam darah.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung potasium yang dapat membantu ginjal mengeluarkan lebih banyak sodium melalui urin. Sehingga dapat membantu turunkan tekanan darah tinggi.

Sedangkan makan berbagai sayuran dan buah berwarna-warni setiap hari dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Banyak sayuran dan buah yang kaya serat larut sehingga dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kolesterol 'jahat' LDL.

sayuran hijau yang paling sehatsayuran hijau yang paling sehat Foto: iStock

3. Lemak sehat

Makan banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan kadar kolesterol HDL 'baik' dalam darah.

Makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat, ikan salmon, kacang-kacangan dan juga minyak zaitun.

4. Bawang putih

Bawang putih termasuk makanan penurun darah tinggi karena dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat dapat membantu meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran arteri yang berdampak pada penurunan tekanan darah tinggi.

5. Sayur bit

Bit menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi dan kolesterol. Bit mengandung oksida nitrat, yang dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Kacang polongKacang polong Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis dan lentil adalah sumber serat larut dan protein nabati yang bagus. Makan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL 'jahat' asalkan dimasak dengan cara direbus atau dipanggang.

7. Ikan

Ikan menjadi makanan tinggi protein yang sangat ampuh menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Penelitian yang diterbitkan oleh the Journal Nutrition menyebutkan bahwa makan ikan berlemak seperti salmon sebanyak tiga kali seminggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dar delapan minggu.

Proses memasak ikan juga perlu diperhatikan. Ikan kukus, sup ikan dan ikan panggang jadi pilihan terbaik untuk makanan penurun darah tinggi dan kolesterol.



Simak Video "Masak Masak: Sajian Ikan Kukus Segar dan Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com