Tips Diet Setelah Lebaran, Lakukan 5 Hal Ini Usai Makan Banyak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Mei 2021 05:00 WIB
Jam Makan Diet Agar BB Turun 4,5 Kg Seminggu, Coba Diet 8 Jam Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Rocky89
Jakarta -

Saat libur lebaran, banyak orang makan terlalu banyak hingga berat badan kembali naik. Ada tips diet setelah lebaran yang bisa kamu praktikkan.

Hari libur lebaran terasa menyenangkan dengan waktu kumpul bersama keluarga dan kerabat. Kegiatan ini biasanya diisi dengan agenda menikmati makanan bersama-sama.

Tak jarang, banyak orang berakhir makan terlalu banyak. Saat silaturahmi ke rumah orang lain, mereka akan kembali makan padahal sedang tidak lapar.

Akibatnya perut terasa begah, tak nyaman, dan bahkan berat badan kembali naik. Untuk menghindarinya, ada tips diet setelah lebaran yang bisa kamu praktikkan.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, inilah tips diet setelah lebaran untuk kamu yang makan terlalu banyak:

1. Tetap makan di waktu seharusnya

7 Cara Kendalikan Rasa Lapar Berlebih, Cocok Buat yang Lagi Diet!Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

Sering kali kamu berakhir melewatkan waktu makan setelah merasa sudah makan terlalu banyak, padahal hal ini kurang tepat jika kamu mau memulihkan diri. "Tidak makan dalam waktu lama bukanlah pilihan," kata ahli gizi Chelsey Amer seperti dikutip dari Shape. Ia menjelaskan tubuh tetap butuh asupan makanan sebagai sumber energi.

Melewatkan waktu makan bisa membuat kamu justru makan berlebihan nantinya. "Ketika kamu membatasi asupan makanan dengan ketat, hal ini akan membuat rasa ngidam akan makanan semakin besar dan kemungkinan makan lebih banyak bisa terjadi," ujar Amer.

Amer merekomendasikan makan secara normal. Makan saat merasa lapar dan berhenti saat merasa cukup. Hal ini memang butuh latihan panjang, terlebih dalam mengenali rasa lapar yang sesungguhnya.

Baca Juga: Kenali Bedanya Lapar Fisik dengan Lapar Emosional

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com