Terapi Air Jepang Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Aturannya

Tim Detikfood - detikFood Jumat, 29 Jan 2021 07:15 WIB
Asian woman in white nightwear drinking water before bedtime for good health at bedroom. Basic concepts in health and health care. Foto: iStock
Jakarta -

Terapi air Jepang dipercaya sebagai salah satu praktik yang bisa memerangi beberapa masalah kesehatan. Termasuk untuk menurunkan berat badan.

Air merupakan salah satu elemen dasar yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Orang dewasa disarankan meminum 2 liter air putih per hari untuk membuang berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Beberapa ahli gizi juga menyarankan untuk memulai hari dengan segelas air hangat.

Faktanya, orang-orang di Jepang menanggapi nasihat tersebut dengan sangat serius. Mereka bahkan mempraktikkan jenis terapi air tertentu yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Tujuan terapi ini adalah menggunakan air dalam kehidupan sehari-hari untuk menyeimbangkan dan mengatur kesehatan.

perbedaan air minum dan air mineralTerapi Air Jepang untuk Turunkan Berat Badan. Foto: iStock

Terapi air Jepang membantu membersihkan perut dan meningkatkan sistem pencernaan. Pengobatan tradisional Jepang menganjurkan minum air putih tepat setelah bangun pagi.

Pagi hari dianggap sebagai 'periode emas'. Diyakini, meminum air selama periode ini, tak hanya meningkatkan penurunan berat badan dengan melancarkan sistem pencernaan, tapi juga membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Mengutip NDTV, ada beberapa hal yang disarankan dalam terapi air Jepang, seperti berikut.

1. Minum 4-6 gelas air, dengan masing-masing gelas berisi 160-200 ml setiap bangun tidur di pagi hari. Minum air saat perut masih kosong. Kamu juga bisa menambahkan jus lemon segar dan masukkan ke dalam air.

2. Sikat gigi setelah minum air. Hindari makan atau minum apa pun setidaknya selama 45 menit setelah minum air. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan rutinitas harian.

3. Jangan makan atau minum apa pun setidaknya selama dua jam setelah makan.

4. Jika kamu tak bisa meminum empat gelas air sekaligus, tunggu beberapa menit di antara setiap gelas air demi menenangkan perut.

5. Bagi lansia yang memiliki kondisi kesehatan serius, minum air bisa dilakukan secara bertahap.

Selain itu ada beberapa hal sederhana yang harus kamu lakukan untuk mmeicu penurunan berat badan. Baca selengkapnya DI SINI!



Simak Video "Bikin Laper: Viral Jajanan Korea Serba Rp 10 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com