Manfaat Air Tebu Bisa untuk Detoks dan Diet, Benarkah?

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 27 Jan 2021 15:00 WIB
Manfaat Air Tebu Bisa untuk Detoks dan Diet, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RHJ
Jakarta -

Di balik manisnya air tebu ternyata juga ada manfaat 'manis' untuk kesehatan tubuh. Manfaat air tebu disebut bisa untuk detoks dan diet, benarkah hal ini?

Tanaman tebu berada dalam satu keluarga yang sama dengan rerumputan. Tanaman tebu biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan gula dan vetsin.

Tebu memiliki kandungan air yang sangat banyak dengan rasa manis. Mungkin sesekali kamu akan menemukan penjual es tebu di pinggir jalan.

Di balik rasanya yang manis, ternyata tebu juga memiliki manfaat yang manis untuk tubuh. Banyak obat tradisional Ayurvedic menggunakan tebu dan produk olahannya.

Rujuta Diwekar adalah ahli gizi yang sering kali merekomendasikan tebu untuk diminum secara rutin. Begini penjelasannya yang dikutip dari Times of India (20/1) tentang fungsi dan manfaat air tebu.

Tebu Untuk Detoks dan Turunkan Berat Badan

Manfaat Air Tebu Bisa untuk Detoks dan Diet, Benarkah?Manfaat Air Tebu Bisa untuk Detoks dan Diet, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RHJ

Rujuta Diwekar merekomendasikan minum air tebu setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk detoksifikasi alami. Selain membersihkan racun dari tubuh, air tebu juga membantu tubuh mengelola respon panas dan memberikan efek mendinginkan.

Baca Juga: Kocak! Begini Aksi Bocah saat Mukbang Tebu

Menurut Rujuta, air tebu dapat membantu membersihkan usus dan meningkatkan metabolisme. Efek yang didapatkan dari usus yang telah dibersihkan bukan hanya sebagai cara mengeluarkan racun, melainkan juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Air perasan tebu juga bisa menjadi solusi untuk hidrasi tubuh. Saat air minum terlalu membosankan karena tidak memiliki rasa, kamu juga bisa konsumsi air tebu yang lebih manis untuk menghidrasi tubuh.

Cara Mengonsumsi Air Tebu

Cara terbaik mengonsumsi air perasan tebu adalah dengan minum air tebu yang masih segar dan baru diperas. Hindari konsumsi tebu dalam kemasan karena lebih banyak mengandung zat aditif dan gula serta nutrisi yang hanya sedikit.

Bukan hanya akan terasa lebih segar, air tebu yang baru diperas mengandung nutrisi alami yang sangat banyak yang akan efektif memberikan manfaat baik bagi tubuh.

Pastikan minum air tebu secara perlahan dalam posisi duduk. Menurut para ahli, minum sambil duduk membantu nutrisi mencapai otak lebih cepat. Terlebih, minum sambil berdiri secara terburu-buru dapat menyebabkan kembung.

Manfaatnya Terhadap Kesehatan

Manfaat Air Tebu Bisa untuk Detoks dan Diet, Benarkah?Manfaat Air Tebu Bisa untuk Detoks dan Diet, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RHJ

Air tebu memiliki fungsi yang sama dengan diuretik. Fungsi ini membuatnya bermanfaat untuk meredakan kembung dan membantu menjaga kesehatan fungsi ginjal.

Air perasan tebu juga digunakan sebagai pengobatan pada beberapa jenis penyakit. Misalnya penyakit kuning. Hal ini disebabkan oleh kandungan elektrolit tebu yang membuatnya berfungsi dengan baik pada hati.

Air tebu juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Asam hidroksi alpha yang terkandung di dalamnya dapat mencegah jerawat dan menjaga kekenyalan kulit.

Pada wanita, konsumsi air tebu sangat baik untuk meningkatkan kesuburan dan membantu meredakan nyeri saat haid. Air tebu juga bisa membantu pendarahan berlebih yang sering terjadi saat awal datang bulan.

Baca Juga: Air Tebu Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Apa Iya?

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com