Kenali Bedanya Lapar Fisik dengan Lapar Emosional

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 24 Jun 2019 19:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lapar, sinyal fisik yang menandakan Anda perlu makan. Namun seringkali Anda merasa sudah makan tapi ngidam makanan lain. Bagaimana membedakan lapar fisik dan emosional?

Lapar fisik adalah fungsi biologis tubuh untuk makan dan mengganti energi yang hilang. Sedangkan hasrat lapar merupakan salah satu kebutuhan psikologis, yaitu keinginan makan di saat perut tidak merasa lapar.

Kenali Bedanya Lapar Fisik dengan Lapar EmosionalFoto: iStock

Makan ketika perut tidak merasa lapar dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan dan makan tidak sehat. Hal ini berakibat munculnya banyak masalah atau gangguan-gangguan kesehatan yang diperoleh.

Seperti dikutip dari laman Times Of India (12/6), lapar fisik dan lapar emosional memiliki karakteristik yang sangat berbeda dan Anda perlu mengetahuinya.

Baca Juga: Pola Makan Buruk Jadi Penyebab Kematian yang Tinggi di Dunia

Lapar fisik tidak terjadi secara instan, ini biasanya terjadi secara bertahap dan terasa di perut. Hal ini tidak membuat Anda ingin makan makanan tertentu melainkan Anda bisa memakan apa saja yang memuaskan rasa lapar.

Kenali Bedanya Lapar Fisik dengan Lapar EmosionalFoto: iStock

Di sisi lain, rasa lapar emosional biasanya langsung menghantam Anda dan merupakan keinginan mental di mana Anda benar-benar ingin memiliki jenis makanan tertentu. Rasa lapar emosional tidak mudah dipuaskan.

Ketika Anda merasakan kelaparan fisik, Anda perlu makanan yang mengandung campuran nutrisi yang tepat, beragam protein dan banyak sayuran.

Namun ketika Anda merasa lapar emosional, kenali alasan di baliknya. Apakah Anda sedang bosan atau frustrasi? Apabila ya, lupakan semua masalah sehingga dapat menghilangkan pikiran yang membuat Anda menginginkan makanan tertentu.

Kenali Bedanya Lapar Fisik dengan Lapar EmosionalFoto: iStock

Ketika sedang makan, sebaiknya tetap fokus pada makanan Anda dan hindari menonton TV atau bermain ponsel, karena dengan itu akan membuat Anda fokus kepada makanan Anda.

Anda juga perlu membawa segelas air. Dengan meminumnya sebelum makan, akan membantu Anda menentukan apakah Anda benar-benar lapar atau tidak. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk makan semua makanan yang ada di piring Anda. Makan dengan porsi kecil tidak masalah.

Baca Juga: Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal Total (dwa/lum)