Pola Makan Murah dan Sehat

Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal Total

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 15 Jun 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Berat badan yang tak terkontrol usai lebaran bisa dikembalikan dengan diet makanan sehat. Agar diet tak gagal total, ini tips yang bisa dilakukan.

Menurut ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, saat libur Lebaran banyak orang yang tak mengenal alarm tubuh, yang biasanya menjadi tanda saat perut lapar. Karenanya kenaikan berat badan usai lebaran kerap terjadi.

"Diet yang benar adalah diet yang mengurangi jumlah energi total yang bersumber dari karbohidrat dan lemak jenuh, tapi tidak mengurangi zat gizi penting lainnya seperti protein, vitamin dan mineral," tuturnya saat dihubungi detikFood (10/06).

Baca Juga: Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan Enak


1. Tentukan Motivasi Diet

Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal TotalFoto: Istimewa

Menurut Rita, sebelum menjalankan diet. Penting agar kita menentukan motivasi atau mindset dari diet yang dituju. Sehingga Anda lebih mudah mengontrol diri, ketika bertemu dengan makanan yang disukai. Sehingga diet yang dijalankan tidak gampang gagal.

"Tidak ada gunanya diet langsung dilakukan, ini tidak boleh, itu tidak boleh kalau mindset belum diubah. Karena itu hanya akan berlangsung sesaat, jadi jika akan memulai diet maka lakunlah perubahan pola pikir terlebih dahulu. Gali motivasi kita diet itu untuk apa," jelas ketua umum Indonesia Sport Nutritionist Association tersebut.


2. Lakukan Diet dengan Senang Hati
Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal TotalFoto: Istimewa

Agar tubuh tak cepat merasa lapar, dan menyantap makanan sehat jadi lebih semangat. Rita menuturkan untuk melakukan diet ini dengan perasaan yang senang, dan tidak terpaksa.

"Jika diet dilakukan dengan tidak enjoy, maka tubuh akan memposisikan fisiknya seperti fisik orang sakit. Maka akan ada waktu di mana tubuh meminta makanan lebih banyak dari yang harusnya dikonsumsi. Itu akan terjadi pada masa-masa diet itu tadi," jelas Rita.


3. Makan Teratur

Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal TotalFoto: Istimewa

Banyak orang yang menjalani pola diet, justru mengurangi asupan dan waktu makan, bahkan tidak makan sama sekali. Hal ini merupakan tindakan yang salah, karena akan membuat tubuh semakin lapar dan menginginkan makanan lebih banyak.

Jadi perhatikan selalu alarm tubuh, atau rasa lapar yang biasanya muncul pada waktu pagi hari, siang, dan sore hari. "Selain tiga waktu di atas, biasanya itu alarm palsu. Sehingga selalu kontrol diri untuk makan secukupnya sesuai kebutuhan tubuh, bukan sesuai keinginan," sambung Rita.


4. Kenali Kelompok Makanan

Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal TotalFoto: Istimewa

Agar diet sukses Rita menyarankan untuk mempelajari struktur makanan, agar tidak terkecoh dengan makanan berkalori tinggi atau berlemak.

"Pemilihan makanannya ada kelompok karbo, kelompok protein, kelompok sayur, dan kelompok buah. Maka jika kita akan mengurangi karbohidrat, yang harus dihapus pertama kali ada karbohidrat sederhana kemudian karbohidrat kompleks. Atau mengganti karbohidrat dengan makanan yang memiliki kadar index glikemiks rendah dan seratnya tinggi," tuturnya.


5. Sayur dan Protein Wajib Ada

Ini Tips Mudah Agar Diet Setelah Lebaran Tak Gagal TotalFoto: Istimewa

Agar tubuh tetap kenyang, dan tidak mudah lapar. Sehingga terhindar dari godaan untuk ngemil dan makan berlebihan, Rita menjelaskan bahwa asupan sayuran dan protein wajib ada. Dua jenis makanan ini memiliki nilai penting untuk tubuh.

"Sayur dan protein itu vital di dalam diet, jadi tidak boleh dihapuskan sama sekali. Jadi tidak boleh tidak makan sama sekali ketika diet," pungkas Rita.

Baca Juga: Sarapan Sehat dengan 5 Olahan Buah yang Dijamin Tak Bikin Bosan (sob/odi)