5 Buah untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Setelah Makan Hidangan Lebaran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 13 Mei 2021 12:00 WIB
Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Foto: Getty Images/iStockphoto/nalinratphi
Jakarta -

Hidangan lebaran banyak yang dibuat dengan santan sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sebagai solusi, konsumsi 5 buah untuk turunkan kolesterol tinggi ini.

Di hari raya, menikmati ragam hidangan lebaran bersama keluarga adalah sebuah kenikmatan. Tapi jangan sampai kalap karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik bagi kesehatan.

Apalagi kebanyakan hidangan lebaran dibuat dengan banyak santan. Mulai dari opor ayam, rendang, hingga sayur gurih. Konsumsi terlalu banyak makanan bersantan dan yang dipanaskan berulang bisa meningkatkan risiko penumpukan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Alih-alih menenggak obat, ada cara alami untuk menurunkan kolesterol. Caranya dengan mengonsumsi buah-buahan yang bantu turunkan kolesterol tinggi ini.

Semua buah ini mudah didapat di Indonesia. Bonus lainnya, buah ini mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral penting lainnya untuk kesehatan.

Dirangkum detikfood dari Food NDTV (11/5), inilah 5 buah untuk turunkan kolesterol tinggi setelah makan hidangan lebaran:

1. Alpukat

Ilustrasi alpukatFoto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Buah untuk turunkan kolesterol tinggi ini mudah didapat dan rasanya enak. Alpukat bahkan disarankan untuk dikonsumsi pasien tekanan darah tinggi. Alpukat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

Alpukat juga mengandung vitamin K, C, B5, B6, dan E. Tak ketinggalkan lemak tak jenuh tunggal yang terkenal sebagai lemak baik. Konsumsi lemak ini bisa menjaga kesehatan jantung sekaligus menurunkan risiko stroke.

Manfaat lainnya, konsumsi alpukat bantu mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL dalam tubuh, dan trigliserida darah. Alpukat bisa langsung dimakan sebagai buah, dijadikan topping salad, topping roti panggang, atau dijadikan smoothies.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Atasi dengan Rajin Konsumsi Alpukat, Terung dan Ikan

2. Tomat

Menurunkan kadar kolesterol juga bisa dengan rutin makan tomat. Tomat adalah sumber vitamin A, B, K, dan C. Tomat juga kaya kandungan potassium sehingga disebut sebagai makanan yang 'ramah' jantung.

Konsumsi tomat diyakini bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan bahkan risiko stroke. Tomat enak dimakan langsung dalam keadaan dingin, dijadikan sup, atau campuran smoothies.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com