5 Kesalahan Ini Bikin Minum Teh Saat Bulan Puasa Jadi Tidak Sehat

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 02 Mei 2021 03:00 WIB
kesalahan meracik teh yang bikin tidak sehat Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teh sering dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa. Agar manfaat sehatnya bisa diterima dengan baik oleh tubuh, maka kamu perlu hindari 5 kesalahan meracik teh berikut.

Teh merupakan salah satu minuman sehat yang jadi favorit banyak orang. Apalagi saat bulan Ramadhan seperti ini, teh sering dikonsumsi saat berbuka puasa dan juga sahur.

Biasanya orang Indonesia mengonsumsi teh manis hangat untuk berbuka puasa. Karena dipercaya bisa mengembalikan energi setelah seharian tidak makan dan minum.

Agar manfaat sehat pada teh bisa efektif dirasakan oleh tubuh, maka mengonsumsinya harus dengan cara yang tepat. Jangan meraciknya dengan tambahan banyak gula ataupun krim.

Dilansir dari Eat This Not That (14/4), berikut 5 kesalahan yang bisa sebabkan teh jadi tidak sehat.

1. Terlalu Banyak Gula

Teh manis memang paling nikmat diminum saat sahur dan buka puasa. Sebaiknya jumlah gula yang ditambahkan ke dalam teh juga tidak terlalu banyak agar manfaat kesehatannya tidak hilang.

Bahkan, lebih baik teh dikonsumsi tanpa tambahan gula. Kalau tidak terlalu suka rasa yang pekat, mungkin bisa mengonsumsi teh putih atau teh hijau yang lebih ringan.

2. Memakai Gula Buatan

Teh yang memakai gula murni saja bisa menghilangkan khasiatnya kalau terlalu banyak. Apalagi kalau menggunakan gula buatan saat meracik teh. Zaman sekarang banyak beredar gula buatan yang menawarkan 'rendah kalori'.

Tapi, apakah ketika dikonsumsi aman untuk tubuh? Walaupun belum ada penelitian yang mengaitkan gula rendah kalori dengan risiko kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat tetap meminta penggunanya untuk membatasi jumlah pemakaian.

Baca Juga: Begini 6 Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut

3. Terlalu Banyak Krim

kesalahan meracik teh yang bikin tidak sehatkesalahan meracik teh yang bikin tidak sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain gula, krim juga sering digunakan untuk meracik teh. Krim ditambahkan agar rasanya jadi lebih creamy dan enak. Namun, mengonsumsi teh dengan tambahan krim nyatanya tidak menyehatkan.

Saat menambahkan krim dengan jumlah sedikit tidak akan menyebabkan masalah. Namun, kalau kamu menggunakan dalam jumlah yang banyak akan menghilangkan khasiat pada teh. Selain itu jumlah kalori teh juga bisa bertambah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com