8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 17 Apr 2021 03:00 WIB
8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung Foto: istock

3. Hentikan Konsumsi Lemak Jenuh

8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung Foto: istock

Kolesterol yang tinggi dapat merujuk pada peningkatan plak yang masuk ke dalam arteri dan meningkatkan kecenderungan untuk serangan jantung. Kolesterol ini didapatkan dari makanan-makanan tinggi lemak jenuh yang lemaknya akan mengendap di dalam darah.

"Memilih makanan yang tinggi lemak jenuh sangat mungkin meningkatkan kadar kolesterol dalam darah," kata Bedoyan selaku ahli gizi.

Baca juga: 6 Pola Makan Sehat agar Umur Panjang, Cegah Penyakit Jantung hingga Kanker

4. Jangan Konsumsi Lemak Trans

Lemak trans merupakan lemak yang paling banyak ada di dalam makanan dan sangat berbahaya. Tak hanya meningkatkan kolesterol buruk, konsumsi lemak trans juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik.

"Lemak trans sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi sesering mungkin," kata Lemein selaku konsultan nutrisi.

5. Perbanyak Konsumsi Lemak Sehat

8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung Foto: istock

Jika beberapa jenis lemak disarankan untuk dihindari, tetapi tidak dengan lemak sehat. Lemak sehat yang dimaksud adalah yang terdapat pada makanan laut dan makanan tinggi omega 3 seperti kerang, udang, salmon dan lainnya.

"Kandungan kolesterol pada makanan ini memang ada dalam jumlah sedikit, tetapi tidak cukup untuk memengaruhi peningkatan kolesterol. Makanan laut justru memiliki lemak sehat omega 3 yang dapat membantu melindungi hati," kata Duong selaku ahli gizi spesialis kesehatan jantung.

6. Hindari Biji-Bijian Olahan

Biji-bijian olahan memiliki hubungan yang sangat tinggi dengan obesitas dan penyakit metabolisme lainnya. Hal ini disebabkan karena kadar karbohidratnya yang begitu tinggi. Misalnya seperti yang ditemukan pada roti tawar.

"Biji-bijian utuh mengandung lebih banyak serat dan nutrisi lain yang penting untuk mengendalikan gula darah dan mencegah penyakit jantung," kataBehmanesh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com