6 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes Supaya Kadar Gula Darah Aman

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 07:00 WIB
6 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes Supaya Kadar Gula Darah Aman Foto: iStock

4. Minum 8 gelas cairan tanpa pemanis

Memenuhi cairan sangat dianjurkan untuk semua orang menjalankan ibadah puasa. Tetapi ada sedikit perbedaan yang harus disesuaikan oleh penderita diabetes dengan orang lainnya yang tidak memiliki masalah diabetes.

Untuk penderita diabetes usahakan tidak mengonsumsi minuman-minuman yang cenderung manis. Tidak minum manis di waktu sahur dan berbuka menjadi cara untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa tetapi tetap aman untuk kadar gula darah agar tidak terjadi lonjakan.

5. Cek kadar gula darah dan kondisi hidrasi tubuh

6 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes Supaya Kadar Gula Darah Aman6 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes Supaya Kadar Gula Darah Aman Foto: iStock

Orang dengan penyakit diabetes diharuskan lebih peduli dan waspada terhadap tubuhnya terutama ketika menjalankan puasa. Biasakan untuk mewaspadai keadaan tubuh mulai dari gejala naiknya gula darah hingga tanda-tanda dehidrasi yang mungkin dialami.

Tak hanya kadar gula darah yang mungkin melonjak, turunnya gula darah secara drastis juga harus diwaspadai. Jika kondisi tubuh sudah tidak memungkinkan, hentikan puasa dan segera konsultasikan jika gejala seperti dehidrasi dan kestabilan gula darah semakin memburuk.

6. Sesuaikan makanan saat berbuka puasa

Anjuran untuk segera berbuka puasa ketika sudah masuk waktunya menjadi hal yang harus dilakukan oleh seluruh umat Muslim yang menjalankan puasa. Penderita diabetes sangat tidak disarankan untuk menunda buka puasa ketika sudah memasuki waktu buka puasa.

Saat berbuka puasa, pertama-tama mulai dengan minum banyak cairan. Bisa dengan air putih atau air hangat dan hindari minuman yang manis dan mengandung banyak gula. Kemudian pilih makanan yang lebih sehat, hindari goreng-gorengan, makanan dengan gula tinggi dan makan berlebihan saat buka puasa.

Baca juga: Dengan Trik Ini Penderita Diabetes Bisa Manjaga Gula Darah Selama Berpuasa (2)

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com