5 Sarapan Rendah Kalori yang Enak, Bisa Turun BB Tanpa Diet

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 05:00 WIB
sayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinary Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Rendah kalori tapi mengenyangkan. Menu sarapan enak ini bisa bantu turunkan berat badan tanpa diet ketat.

Sebenarnya banyak makanan rendah kalori yang bisa dijadikan menu sarapan enak dan sehat. Bahkan makanan-makanan ini bisa membuat tubuh terasa lebih kenyang, hingga membantu menurunkan berat badan tanpa diet.

Menurut Cesar Sauza, selaku ahli gizi dari AltaMed Health Services. Ia menjelaskan bahwa pola makan rendah kalori, secara tidak langsung menciptakan defisit kalori yang ampuh memangkas berat badan.

Dilansir dari Insider (06/04), berikut beberapa sarapan sehat rendah kalori yang enak dan mengenyangkan.

1. Sup

Carrot soup on wooden backgroundCarrot soup on wooden background Foto: iStock

Sup yang berisi sayuran cocok disantap saat sarapan. Makanan rumahan yang satu ini termasuk ke dalam makanan sehat rendah kalori. Kuah bening dari sup yang minim bumbu, membuatnya lebih rendah kalori.

Dalam satu mangkuk sup sayur bening, hanya terdapat sekitar 123 kalori. Lengkap dengan karbohidrat 24,3. Jika ditambah dengan sayuran seperti wortel atau buncis, kisaran kalorinya tak lebih dari 250.

Kuah sup juga berfungsi membuat tubuh merasa lebih kenyang. Hindari sarapan sup dengan krim yang kental. Pilih kuah sup bening, yang bisa ditambah dengan kaldu ayam atau sapi sesuai selera. Cek lima rekomendasi resep sup bening yang praktis di sini.

2. Telur

Diet telur rebusDiet telur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Jadi menu andalan orang-orang saat sarapan. Kreasi telur untuk sarapan memang tidak pernah bikin bosan. Selain rasanya yang enak, telur mengandung protein yang cukup tinggi. Kalorinya juga rendah, tapi tergantung cara pengolahannya ya.

Kalau mau lebih sehat, bisa coba sarapan dengan telur rebus yang kalorinya berkisar sekitar 75 kalori per butir. Beberapa ahli gizi setuju bahwa telur ini merupakan menu sarapan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan.

Kalau bosan dengan telur rebus yang polos. Bisa coba masak semur telur yang mudah dibuat. Tentunya kalori telur semur berbeda ya, kisarannya sekitar 130 kalori per 100 gram. Tetap lebih rendah kalori dibandingkan menu sarapan lainnya.

Cek resep lengkap semur telur yang gampang dibuat di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com