10 Makanan Tinggi Yodium Ini Untuk Metabolisme yang Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Mar 2021 07:00 WIB
Nori Foto: iStock
Jakarta -

Yodium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan metabolisme. Rutin konsumsi makanan tinggi yodium ini dapat memenuhi kebutuhan yodium harian.

Yodium merupakan salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh. Menurut National Institutes of Health, asupan yodium ini diperlukan untuk menjaga fungsi tiroid.

Kesehatan tiroid ini memengaruhi begitu banyak fungsi tubuh lainnya. Termasuk yang paling penting adalah metabolisme serta perkembangan tulang dan otak janin pada wanita hamil.

Pada laki-laki, jumlah yodium yang disarankan yaitu 150 mikrogram per hari, untuk anak-anak berkisar pada 90-130 mikrogram per hari dan 220-290 mikrogram per hari untuk ibu hamil dan menyusui. Tentunya, kebutuhan yodium bisa dipenuhi secara alami dengan mengonsumsi makanan yang tinggi yodium.

Beberapa makanan yang telah dirangkum melalui Livestrong (14/3) ini bisa menjadi referensi makanan sumber yodium yang baik:

1. Nori

Rumput laut kering atau nori merupakan makanan yang banyak ditemukan di negara-negara Asia. Termasuk di Indonesia yang bisa ditemukan di minimarket dalam bentuk kemasan berbagai merk.

Rumput kering ini mengandung 232 mikrogram yodium. Berdasarkan jumlah konsumsi yodium yang disarankan secara umum yaitu 150 mikrogram, kadar yodium pada rumput laut kering ini bisa memenuhi 150% dari rekomendasi harian.

2. Roti Gandum

sliced bread with butter and jelly on wooden cutting board. Simple breakfast plate.roti gandum Foto: Getty Images/iStockphoto/dropStock

Gandum utuh banyak ditemukan pada produk roti dan sereal. Roti gandum menjadi makanan yang banyak disarankan karena manfaat kesehatannya yang baik. Manfaat yang paling terkenalnya adalah indeks glikemik yang rendah yang aman untuk para penderita diabetes.

Selain itu, roti yang terbuat dari gandum utuh ternyata juga memiliki kandungan yodium yang diketahui mampu memenuhi 132% dari rekomendasi harian. Selembar roti gandum ini mengandung 198 mikrogram yodium yang baik untuk kesehatan metabolisme.

3. Yogurt

Produk olahan susu bahkan dikatakan sebagai penyempurna makan. Tidak hanya melalui susu murni, kebaikan susu juga bisa didapatkan melalui olahan lainnya misalnya yogurt.

Selain kaya akan protein dan probiotik yang baik untuk usus, yogurt juga mengandung yodium yang sangat bak. Kadar yodium sebanyak 116 mikrogram dalam yogurt ini akan memenuhi 77% dari rekomendasi harian yodium yang disarankan.

Baca Juga: Meski Sama Asin, Ini Bedanya Garam Meja dan Garam Laut

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Beef Rosemary dan Chicken Verde yang Juicy"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com