Ini Daftar 12 Makanan yang Tidak Perlu Disimpan dalam Kulkas

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 20 Mar 2021 08:00 WIB
5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan! Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Kulkas memang tempat ideal untuk menyimpan bahan makanan agar lebih awet kesegarannya. Tapi ternyata ada bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Dari generasi ke generasi, kepercayaan menyimpan berbagai makanan dalam kulkas selalu diturunkan. Suhu dingin kulkas bisa mempertahankan kualitas makanan, namun faktanya tidak semua makanan cocok untuk disimpan dalam suhu dingin seperti dalam kulkas.

Beberapa bahan makanan ternyata lebih cocok disimpan hanya di suhu ruang saja. Kebiasaan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas bahkan membuat makanan dalam kemasan yang tertulis "simpan pada tempat kering dan sejuk" akan membuat kita menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas.

Contohnya beberapa buah dan sayuran yang ternyata tidak perlu disimpan dalam kulkas. Buah dan sayuran ini sudah cukup baik jika disimpan hanya pada suhu ruang dengan permukaan yang kering.

Berikut ini 12 bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas menurut Brightside :

1. Paprika

sandwich paprikasandwich paprika Foto: Istimewa

Paprika merupakan sayuran berwarna terang yang berukuran cukup besar. Ternyata paprika tergolong ke dalam sayuran yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Menyimpan paprika cukup di suhu ruangan saja seperti di rak dapur atau sebuah kantong. Menyimpan paprika di dalam kulkas hanya akan membuat paprika kehilangan kesegaran dan teksturnya renyahnya.

2. Buah Tropis

Tidak semua buah cocok untuk disimpan dalam kulkas. Salah satunya jenis buah-buahan eksotis atau yang tumbuh di dataran tropis.

Pisang, mangga, pepaya dan beberapa buah tropis lainnya justru lebih baik jika disimpan di tempat yang lebih hangat. Temperatur yang rendah hanya akan merusak penampilan fisik dan tekstur buah tropis.

3. Saus

Saus menjadi bahan makanan yang semua orang akan secara otomatis akan menyimpannya di dalam kulkas. Ternyata kualitas saus tidak akan berpengaruh jika disimpan di dalam kulkas.

Saus tomat, mustard, kecap asin, cuka, saus sambal dan berbagai jenis saus lainnya cukup disimpan di rak dapur saja. Contohnya jika kamu datang ke sebuah restoran kamu akan melihat saus yang hanya diletakkan di meja bahkan untuk waktu yang lama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Galendo, Makanan Khas Ciamis Terbuat dari Saripati Minyak Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com