Cara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Mar 2021 10:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/max-kegfire

Imbangi dengan trik 'tersendat-sendat'

Supaya trik 30 detik ini makin efektif, ahli gizi Mary Wirtz juga merekomendasikan melakukan trik "halting" atau dalam bahasa Indonesia "tersendat-sendat".

Anda diminta untuk menunda waktu makan. "Saya menyarankan pasien untuk menunda waktu 15-30 detik sebelum makan supaya mereka bisa mengenali apakah benar-benar lapar," kata Wirtz.

Ia menyoroti sering kali orang-orang berakhir makan bukan karena lapar fisik, melainkan karena lelah, stress, kesepian, atau alasan terkait emosi lainnya.

Tarik napas dalam-dalam selama 30 detik

Cara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang IniCara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/max-kegfire

Trik 30 detik lainnya yang masuk dalam cara menurunkan berat badan juga termasuk menarik napas dalam-dalam. Hal ini disarankan ahli gizi Jeanette Kimszal.

Kimszal menjelaskan beberapa penelitian menemukan bahwa latihan napas telah terbukti mampu mengurangi rasa lapar.

Cara ini bukan hanya bisa mengurangi rasa lapar, melainkan juga membuat pikiran lebih tenang yang pada akhirnya terkait berat badan.

"Metode bernapas bisa mengurangi rasa cemas, stress, dan depresi. Kondisi ini bisa meningkatkan kadar kortisol yang berkaitan dengan penambahan berat badan. Dengan menurunkan kadar kortisol, rasa lapar juga akan berkurang," tutur Kimszal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com