Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 22 Nov 2020 09:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227
Jakarta -

Cara menurunkan berat badan ini terlihat sepele, tapi memiliki efek yang besar. Coba ikuti 5 tips ngemil sehat yang mudah kamu terapkan di rumah atau di kantor ini.

Saat sedang diet, godaan terbesar adalah melahap camilan alias ngemil. Apalagi jika di sekitar kamu ada banyak pilihan camilan favorit, mulai dari snack kemasan, biskuit, keripik, cokelat, dan lainnya.

Ngemil sebenarnya tak masalah karena di sela-sela waktu makan utama, kamu boleh mengasup camilan. Tapi memilih jenis yang tepat dan mengonsumsinya dalam porsi serta frekuensi yang wajar adalah kuncinya.

Dengan memperhatikan hal-hal itu, kegiatan ngemil pun tidak akan merusak pola diet kamu. Pilih jenis camilan sehat yang kaya serat dan protein. Dua nutrisi ini akan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga terhindar dari godaan ngemil.

dr. Dion Haryadi yang terkenal lewat channel YouTube The Doctor's Diet memberikan tipsnya. Berikut 5 tips ngemil sehat yang bisa kamu coba:

Baca Juga: Ini 5 Pola Diet yang Berhasil Menurunkan Berat Badan

1. Rencanakan makan

Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat IniCara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Alih-alih ngemil, dr. Dion merekomendasikan untuk fokus di makan besar yaitu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. "Dengan rencanakan makan dalam sehari, kalian akan tahu berapa banyak sih jatah kalori makanan/minuman yang saya miliki dalam sehari," jelasnya.

Sebaiknya pilihan menu saat makan besar juga yang sehat supaya tubuh merasa lebih kenyang dan terhindar dari godaan ngemil. Tips lain adalah menyiasati makan siang lebih banyak supaya ketika sore yang merupakan waktu terbesar untuk godaan ngemil, kamu masih merasa kenyang.

"Begitu juga dengan di malam hari. Biasanya untuk makan malam, saya akan fokus di makanan tinggi protein dan banyak sayurannya. Supaya saya lebih merasa kenyang dan tidak tergoda untuk ngemil (malam-malam)," kata dr. Dion.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3