Diet Buah Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat dan Efeknya

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 16 Mar 2021 06:30 WIB
makan buah saat puasa Foto: istimewa
Jakarta -

Diet buah merupakan pola diet yang populer.Diet dengan mengonsumsi buah-buahan diyakini sangat cepat turunkan berat badan karena buah rendah lemak.

Pola makan fruitarian untuk pelaku diet buah, umumnya sama sekali tidak mengonsumsi asupan dari unsur hewani. Bagi yang ingin melakukan diet buah, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter maupun ahli gizi. Pasalnya kondisi tubuh setiap orang berbeda.

Manfaat Diet dengan Buah

Seperti kita ketahui, buah-buahan memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, meskipun sebagian ada yang tidak baik apabila dikonsumsi berlebih.

Diet dengan buah ini juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

• Rendah kalori dan lemak.
• Sumber serat, mineral, vitamin dan gula alami.
• Buah kaya akan antioksidan yang bagus untuk tubuh.
• Dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
• Meningkatkan kekebalan tubuh

Ilustrasi buah-buahan segarDiet Buah Untuk Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat dan Efeknya. Foto: Thinkstock

Mengutip dari Healthline, beberapa jenis buah yang mengandung serat dan bisa menurunkan kolesterol serta melancarkan buang air besar yaitu apel, pir, blackberry hingga raspberry.

Sementara itu jeruk, paprika merah, dan stroberi adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, sehingga dapat menjaga kesehatan gigi, gusi, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pisang, jambu biji, melon, mangga termasuk buah yang kaliumnya cukup tinggi. Kalium berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap stabil untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Jeruk dan mangga juga merupakan buah dengan kandungan folat tinggi. Kandungan ini dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah, serta mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Sedangkan buah rendah gula yaitu plum hitam, plum, atau golongan buah beri, memiliki antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas, maupun melawan penyakit.

Lalu apa manfaat diet buah dan bagaimana cara melakukan diet buah? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Sosis Panggang yang Dagingnya Super Juicy"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com