Sereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi Tren

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 13 Mar 2021 07:00 WIB
Sereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi Tren Foto: TikTok @natures_food
Jakarta -

Biasanya sereal terbuat dari biji gandum dan dimakan dengan susu. Kini sedang tren sereal alami dari buah utuh plus air kelapa. Bisa jadi sarapan sehat?

Sereal merupakan makanan sarapan yang populer di Amerika Serikat. Umumnya sereal terbuat dari biji gandum yang diolah menjadi tepung, lalu dibentuk berbagai rupa.

Sereal kemudian disantap dengan mencampurkan susu putih atau bisa juga susu cokelat. Sereal pun populer di dunia. Tak sedikit orang di berbagai negara yang menjadikan sereal sebagai menu sarapan rutin.

Baca Juga : Makan Sereal Pakai Es Batu Diprediksi Akan Jadi Tren Kuliner Terbaru

Sereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi TrenSereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi Tren Foto: TikTok @natures_food

Kepopuleran sereal juga menciptakan sebuah tren di TikTok. Tren sereal ini dikenal dengan sebutan Nature's Cereal atau sereal alami yang dipelopori oleh akun TikTok @natures_food.

Jadi, serealnya terbuat dari buah-buahan utuh. Seperti yang terlihat dalam salah satu video di TikTok @natures_food, seorang pria memasukkan berbagai jenis buah-buahan dalam mangkuk.

Buah-buahan tersebut terdiri dari segenggam buah delima, blueberry dan blackberry. Alih-alih susu, sereal alami ini dicampur menggunakan air kelapa yang diambil langsung dari batoknya.

Sereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi TrenSereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi Tren Foto: TikTok @natures_food

Akun TikTok @natures_food menyebut kalau tren sereal ini dapat membantu menghindari sembelit dan memberikan dorongan energi. Tagar #naturescereal pun telah dilihat hingga puluhan juta kali.

Banyak pengguna TikTok lainnya yang tak mau ketinggalan mencoba tren ini. Salah satunya adalah rapper asal Amerika, Lizzo yang juga mengunggah video sereal di akun TikToknya.

"Ini benar-benar enak. Aku gak tau apa ini karena air kelapanya tapi ini lembut banget. Buah delimanya renyah, blakberrynya juga enak," tulis Lizzo dalam caption.

Tren sereal alami ini pun mendapat tanggapan dari ahli gizi. Menurut Elizabeth Huggins ahli diet di Hilton Head Health, kombinasi buah berry, delima dan air kelapa mengandung nutrisi yang baik.

Mulai dari antioksidan, fitonutrien, kalium, vitamin C, dan serat. Elizabeth juga menyebut kalau buah berry khususnya blueberry dapat memberikan efek positif untuk kesehatan otak, lapor Shepe.com (09/03).

Sereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi TrenSereal Alami, Buah Utuh dan Air Kelapa yang Lagi Tren Foto: TikTok @natures_food

"Buah berry merupakan sumber serat yang baik, bisa mengelola berat badan dan kardiovaskular. Dicampur dengan air kelapa yang indeks glikemiknya rendah, jadi gak meningkatkan gula darah seperti sereal yang terbuat dari biji-bijian dan gula yang diproses cara ultra," ujar Elizabeth.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Natalie Rizzo, ahli gizi yang berbasis di New York City. Menurutnya, sereal alami ini merupakan makanan yang sehat karena berkontribusi pada pencernaan dan tingkat energi.

Namun, Rizzo menyebut kalau sereal alami bukanlah makanan yang seimbang. Pasalnya tidak ada campuran yang mengandung protein dan lemak sehat. Menurutnya, dua nutrisi itu diperlukan saat sarapan karena membuat kenyang.

"Jika kamu makan sereal alami ini untuk sarapan, kamu akan merasa lapar satu jam kemudian. Coba campurkan dengan protein seperti selai kacang, yogurt, atau telur," ujar Rizzo.

Baca Juga : Pro dan Kontra Makan Sereal Gaya #cerealchallange TikTok



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com