Jangan Takut Makan Karbohidrat, Ahli Gizi Ini Ungkap Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 08 Mar 2021 17:00 WIB
Jangan Takut Makan Karbohidrat, Ahli Gizi Ini Ungkap Sebabnya Foto: iStock
Jakarta -

Saat diet banyak orang menghindari makan karbohidrat. Padahal karbohidrat tak selamanya buruk. Ahli gizi ini memberi pandangannya.

Tak selalu harus ekstrem dan tak sehat, menurunkan berat badan bisa dengan cara sehat. Penting untuk mengetahui fakta tentang nutrisi agar pola makan sehat tetap terjaga.

Menurut Laura Ford, selaku ahli gizi asal Melbourne, Australia, ada tiga fakta soal nutrisi yang perlu diperhatikan dan alasan mengapa karbohidrat bukan musuh utama saat tengah diet.

"Saya banyak menemukan klien dan pasien yang berhenti makan karbohidrat, dan hanya menyantap makanan bebas gluten saat diet," jelasnya dikutip dari Daily Mail UK.

Baca Juga: Mengenal Diet GOLO yang Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

1. Asupan Karbohidrat yang Penting

Jangan Takut Makan Karbohidrat, Ahli Gizi Ini Ungkap SebabnyaJangan Takut Makan Karbohidrat, Ahli Gizi Ini Ungkap Sebabnya Foto: iStock


"Pertama yang paling penting adalah kamu membutuhkan asupan karbohidrat. Karbohidrat merupakan pilihan otakmu yang diolah sebagai bahan bakar," ujarnya.

Karbohidrat juga bahan utama energi dalam tubuh. Jika tubuh kehilangan karbohidrat, maka tubuh akan menggunakan protein dan lemak untuk mendapatkan energi.

Tentunya karbohidrat harus dimakan dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan. Lauran menyarankan untuk beralih ke karbohidrat yang lebih sehat. Seperti ubi, nasi merah, pasta dan gandum.

"Saya suka semua jenis karbohidrat. Seperti mie, kentang, pasta, nasi. Tentu saja mereka tidak jahat," lanjut Laura.


2. Makanan Bebas Gluten

Jangan Takut Makan Karbohidrat, Ahli Gizi Ini Ungkap SebabnyaJangan Takut Makan Karbohidrat, Ahli Gizi Ini Ungkap Sebabnya Foto: iStock

Diet bebas gluten atau gluten free selalu menjadi primadona saat sedang menurunkan berat badan. Tapi rupanya hal ini juga tidak sepenuhnya benar. Menurut Laura, makanan bebas gluten bukan yang paling sehat.

"Semua produk makanan bebas gluten bukan selalu yang tersehat. Biasanya makanan ini sudah melalui beberapa kali pengolahan dan seratnya lebih rendah," ungkap Laura.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com