5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 06:00 WIB
5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan! Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Apel terkenal sebagai buah dengan sejuta manfaat sehat. Khusus untuk diet, apel juga efektif turunkan berat badan. Ini sebabnya!

Apel termasuk buah populer di dunia. Apel disukai karena teksturnya renyah dengan sensasi rasa manis dan asam.

Untuk mengonsumsinya, apel bisa dimakan langsung atau dijadikan topping oatmeal, sandwich, dan lainnya. Apel mengandung sekitar 58 kkal tiap 100 gramnya.

Manfaat sehat konsumsi apel antara lain menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes, hingga mencegah kanker.

Bagi para pelaku diet, makan apel juga sangat disarankan karena membantu penurunan berat badan lebih cepat. Beberapa penelitian bahkan menemukan apel sebagai buah paling efektif untuk diet ketimbang buah lain.

Dikutip dari Eat This, Not That! (3/3), berikut 5 alasan makan apel bagus untuk diet menurut ahli gizi:

1. Rendah kalori

5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan!5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan! Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Kunci utama dari penurunan berat badan adalah mengurangi asupan kalori. Konsumsi apel bisa jadi buah andalan karena tergolong rendah kalori.

Nilai kalori ini bergantung ukuran dan jenis apel, kira-kira yang terkandung adalah 80-125 kkal per buah. Ahli gizi Elizabeth Gunner mengatakan apel bisa dijadikan camilan sehat.

Caranya dengan mengombinasikan apel bersama sumber protein atau lemak sehat. Seperti apel dengan olesan selai kacang. "Ini akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan rasanya lebih enak," ujar Gunner.

Baca Juga: Kalori Apel, Buah yang Cocok Dikonsumsi bagi yang Sedang Diet

2. Tinggi serat

Asupan serat dan penurunan berat badan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Konsumsi makanan tinggi serat sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan.

Apel mengandung sekitar 5 gram serat per buah. Mengonsumsinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 20% pada wanita dan 13% pada pria.

"Pola makan tinggi serat membantu penurunan berat badan dalam beberapa cara," kata ahli gizi Lisa Andrews. Makan apel juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di usus yang pada akhirnya membantu tubuh dalam memetabolisme dan menggunakan energi.

Simak juga 'Dodol Apel Khas Batu, Manis dan Sedikit Asam Namun Banyak Penggemarnya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19 Selengkapnya