Kalori Apel, Buah yang Cocok Dikonsumsi bagi yang Sedang Diet

Tim detikcom - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 05:00 WIB
apple isolated on wood background Foto: iStock/Kalori Apel, Buah yang Cocok Dikonsumsi bagi yang Sedang Diet
Jakarta -

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia. Buah ini kaya serat, vitamin C, berbagai antioksidan, dan kalori apel rendah.

Biasanya apel dapat langsung dimakan. Apel yang terdiri dari berbagai varian seperti apel Fuji, apel merah, juga bisa diolah untuk berbagai resep, jus, dan minuman.

Fakta nutrisi apel

Berikut fakta gizi untuk satu buah apel, tidak dikupas, dan berukuran sedang (100 gram):

Kalori: 52
Air: 86%
Protein: 0,3 gram
Karbohidrat: 13,8 gram
Gula: 10,4 gram
Serat: 2,4 gram
Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat dalam apel

Apel terutama terdiri dari karbohidrat dan air. Mereka kaya akan gula sederhana, seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa.

Meskipun kandungan gula dan karbohidratnya tinggi, indeks glikemiknya (GI) rendah, berkisar 29-44.

GI adalah ukuran bagaimana makanan memengaruhi kenaikan kadar gula darah setelah makan. Nilai rendah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.


Kalori Apel

Buah apel cocok bagi yang sedang diet, mengingat jumlah kalorinya yang rendah. Kalori apel dilansir Healthline yakni 52.

Serat

Apel sangat kaya serat. Sebuah apel berukuran sedang (100 gram) mengandung sekitar 4 gram nutrisi ini, yang merupakan 17% dari Nilai Harian (DV).

Sebagian seratnya berasal dari serat tidak larut dan larut yang disebut pektin. Serat larut dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, sebagian karena memberi makan bakteri ramah di usus Anda.

Serat juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan menyebabkan penurunan berat badan. Sekaligus menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi pencernaan.


Vitamin dan mineral

Apel mengandung banyak vitamin dan mineral, meski tidak dalam jumlah yang tinggi. Namun, apel biasanya merupakan sumber vitamin C.

Vitamin C juga disebut asam askorbat, vitamin ini merupakan antioksidan yang umum dalam buah-buahan. Ini adalah nutrisi makanan penting yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh Anda.

Kalium

Mineral utama dalam apel, kalium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Apel dan penurunan berat badan

Dua khasiat buah ini yakni kandungan seratnya yang tinggi dan rendahnya kalori apel menjadikannya makanan yang ramah penurunan berat badan.

Dengan demikian, makan apel dapat mengurangi asupan kalori harian Anda dan meningkatkan penurunan berat badan jangka panjang.

Dalam satu studi 12 minggu, wanita yang diinstruksikan untuk makan 1,5 apel besar (300 gram) per hari kehilangan 2,9 pon (1,3 kg) selama penelitian.

Untuk alasan ini, apel dapat menjadi tambahan yang berguna untuk diet penurunan berat badan, terutama jika dimakan di antara atau sebelum makan.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com