5 Minuman Sehat Penurun Kolesterol Usai Santap Menu Tahun Baru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 06:54 WIB
wortel Foto: iStock
Jakarta -

Minuman sehat penurun kolesterol ini bisa kamu konsumsi usai lahap menyantap banyak olahan daging. Ada teh hijau dan air lemon yang mudah diracik.

Menu pesta tahun baru identik dengan makanan penuh lemak jenuh dan tinggi kolesterol. Sebut saja steak, BBQ sosis, seafood, dan lainnya.

Mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak bisa memicu kenaikan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Makan Enak Lebaran

Apalagi kalau kamu termasuk tipe orang yang malas gerak alias "mager" atau malas berolahraga. Bukan tidak mungkin kadar kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh.

Untuk mencegah timbulnya penyakit kolesterol, coba cara alami melalui konsumsi makanan dan minuman yang tepat.

5 minuman sehat penurun kolesterol ini cocok kamu konsumsi usai puas makan daging di pesta tahun baru. Berikut daftarnya:

1. Jus apel

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongFoto: iStock

Pakar kesehatan Stephanie Leach merekomendasikan konsumsi jus apel untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena kandungan fitokimia yang mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat alias LDL.

Penelitian pada pria dan wanita sehat selama 6 minggu membuktikan khasiat konsumsi jus apel tak ubahnya dengan konsumsi apel utuh.

Partisipan penelitian memiliki kadar lemak, kolesterol, karbohidrat, gula, dan kalori yang sama. Pembedanya adalah, mereka yang makan apel utuh memiliki peningkatan asupan serat sebanyak 22 persen.

Para peneliti menyimpulkan konsumsi jus apel dalam jumlah cukup bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Usahakan pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet atau pemanis tambahan.

Hindari membeli jus apel kemasan yang banyak dijual di supermarket karena besar kemungkinan berisi bahan-bahan tidak alami. Ada baiknya kamu bisa membuat sendiri jus apel di rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com