6 Buah yang Cocok untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Rosmha Widiyani - detikFood Senin, 28 Des 2020 10:00 WIB
Salad Buah Segar Foto: iStock/6 Buah yang Cocok untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan
Jakarta -

Makan buah yang cocok untuk diet dan menerapkan pola hidup sehat jadi salah satu cara mendapatkan berat badan ideal. Namun buah seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Konsumsi buah tentu harus diseimbangkan dengan makanan lain yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Diet akan lebih baik bila disertai olahraga dan konsultasi ke dokter.

Buah yang cocok untuk diet dan bisa menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Apel

Dikutip dari Healthline, apel adalah buah yang cocok untuk diet. Apel mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat per 223 gram, untuk ukuran besar.

Riset menyatakan, responden yang makan tiga apel selama 10 hari sukses menurunkan berat badan. Responden berhasil mengurangi berat badan sebanyak 0,91 kilogram.

2. Kiwi

Rekomendasi buah yang cocok untuk diet berikutnya adalah kiwi yang punya banyak nutrisi. Kiwi mengandung vitamin C, E, folat, serat, dan mineral lain yang berguna untuk tubuh.

Sebuah riset yang melibatkan 41 responden prediabetes menyatakan manfaat konsumsi kiwi. Responden berhasil menurunkan berat badan dan ukurang lingkar pinggang hingga 3,1 sentimeter.

3. Melon

Jika bosan kiwi dan apel, bisa coba apel sebagai buah yang cocok untuk diet. Melon adalah buah rendah kalori dan mengandung banyak air, yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Melon juga kaya serat, potasium, dan antioksidan musal vitamin C, betakaroten, dan likopen. Konsumsi 150-160 gram melon memenuhi kebutuhan 46-61 kalori per hari.

4. Jeruk

Berbagai jenis jeruk bisa membantu mengendalikan rasa lapar sehingga jadi pilihan buah yang cocok untuk diet. Jeruk mengandung rendah kalori dan tinggi serat serta vitamin C.

Jeruk sebaiknya dikonsumsi utuh dibandingkan dalam bentuk jus. Konsumsi utuh membantu menimbulkan rasa kenyang dan mencegah lapar mata, sehingga tidak memilih makanan yang bikin gendut.

5. Pisang

Pisang memang mengandung lebih banyak kalori dibanding buah lainnya. Kandungan nutrisi lain dalam pisang adalah potassium, magnesium, mangan, serat, dan berbagai jenis antioksidan.

Konsumsi pisang membantu mengendalikan insulin dan kolesterol dalam darah. Sebagai buah yang cocok untuk diet, pisang juga membantu mengendalikan berat badan.

6. Alpukat

Alpukat yang cenderung punya banyak lemak dan kalori, ternyata menjadi buah yang cocok untuk diet. Konsumsi alpukat mampu menimbulkan rasa kenyang dan mengendalikan lapar.

Studi tentang pola makan orang Amerika menyatakan, mereka yang mengkonsumsi apel cenderung memiliki pola makan lebih sehat. Mereka punya berat badan dan risiko mengalami sindrom metabolik lebih rendah, daripada yang tidak makan alpukat.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com