Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 27 Des 2020 05:00 WIB
Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini Foto: iStock
Jakarta -

Bahaya minum kopi bisa timbul jika kamu mengonsumsinya dengan cara tidak tepat. Hindari menambahkan banyak gula dan krimer.

Minum kopi punya sejuta manfaat untuk kesehatan, Mulai dari membantu tetap fokus sepanjang hari hingga bantu menurunkan berat badan.

Tapi di sisi lain, mengonsumsi kopi juga bisa menimbulkan bahaya bahkan bisa bikin umur pendek. Hal ini lantaran kamu mengonsumsi terlalu banyak kopi hingga menambahkan terlalu banyak pemanis.

Akhirnya asupan kopi yang seharusnya baik untuk kesehatan, malah jadi membahayakan. Lalu apa saja kebiasaan minum kopi yang bikin umur pendek?

Berikut detikfood (25/12) merangkum informasinya dari Eat This Not That:

1. Minum terlalu banyak kopi

Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara IniBahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini Foto: iStock

Pencinta kopi sering kali tak sadar kalau sudah terlalu banyak minum kopi. Kebiasaan ini tidak bagus untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang mengamati konsumsi kopi 40 ribu orang dewasa menemukan mereka yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari alami efek negatif terkait masa hidupnya.

Penulis penelitian itu bilang minum 28 cangkir kopi per minggu (yang mana 4 kali sehari) tak masalah untuk kesehatan, tetapi minum lebih dari jumlah tersebut bisa berdampak negatif dalam kaitannya dengan umur panjang.

Baca Juga: Kabar Baik! Rutin Minum Kopi Bisa Bikin Umur Lebih Panjang

2. Menambahkan terlalu banyak gula

Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara IniBahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini Foto: iStock

Penambahan pemanis, termasuk gula ke dalam secangkir kopi, bisa menambah nilai kalori secangkir kopi. Hal ini harus dihindari pelaku diet.

Selain itu, praktik menambahkan banyak gula juga berisiko membuat umur kamu pendek. Penelitian mengungkap terlalu banyak konsumsi gula berisiko pada kematian dini.

Hal ini bukan karena obesitas atau kenaikan berat badan yang disebabkan karena gula, melainkan fakta bahwa gula bisa memicu dehidrasi. Pada akhirnya hal ini menjadi gejala gula darah tinggi dan jika tidak diatasi akan menyebabkan diabetes. Penyakit ini termasuk berbahaya dan mengancam nyawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com