10 Buah yang Bagus untuk Diet, Apel hingga Nanas

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 27 Feb 2021 05:00 WIB
Salad Buah Segar Foto: iStock
Jakarta -

Buah yang bagus untuk diet bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti camilan yang enak dan menyegarkan.

Serat yang terkandung dalam buah merupakan karbohidrat kompleks yang banyak ditemukan dalam makanan nabati. Ada dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut banyak terdapat pada kacang-kacangan dan buah. Sedangkan serat tak larut umumnya ada pada biji-bijian serta sayuran.

Serat yang ada dalam buah bisa membantu penurunan berat badan serta menjaga berat badan agar tetap stabil. Selain itu juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan menstabilkan gula darah.

Lalu apa saja sih buah yang bagus untuk diet?

1. Apel

Dikutip dalam Everyday Health, Kristen Smith, RDN yang berbasis di Atlanta, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan ahli diet terdaftar di Pidemont Healthcare mengatakan apel mengandung serat tinggi tetapi rendah kalori. Hal ini menjadikan buah apel disebut sebagai buah yang sangat bagus untuk diet.

"Makanan dengan kandungan serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama," kata Smith.

Satu buah apel ukuran sedang mengandung serat sebanyak 4,37 gram.

2. Nanas

Nanas mengandung vitamin C dan memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Dalam beberapa penelitian, buah nanas dapat membantu menurunkan berat badan.

Bagi kamu yang sedang ingin berdiet, sebaiknya konsumsi nanas dalam bentuk potongan dengan menambahkannya ke dalam salad.

3. Markisa

Menurut Verywell fit, buah markisa adalah buah rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah markisa mengandung 18 gram serat sehingga dapat membantu memperlambat pencernaan sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendukung program diet, markisa paling baik dikonsumsi secara utuh. Bisa jadi topping makanan penutup ataupun ditambahkan dalam minuman.

4. Melon

Buah yang bagus untuk diet lainnya adalah melon. Buah melon dalam 150 gram diketahui hanya mengandung kalori sebesar 60 kkal. Tak hanya kandungan kalorinya yang rendah, akan tetapi buah melon juga mengandung tinggi air sehingga dapat menghidrasi tubuh.

5. Jeruk

Buah jeruk sangat baik dikonsumsi saat sedang diet. Selain mengandung kalori rendah, jeruk juga mengandung vitamin C dan serat. Tak hanya bagus untuk mempertahankan berat badan, buah jeruk juga tinggi vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat vitamin C adalah untuk mendukung sistem kekebalan dengan melindungi tubuh dari stres oksidatif, membantu pembunuhan mikroba dan mengurangi potensi kerusakan jaringan.

6. Semangka

Semangka merupakan buah yang mengandung tinggi air. Mengonsumsi buah semangka dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Satu porsi buah semangka seberat 100 gram mengandung 30 kalori.

Buah semangka juga mengandung asam amino pembakar perut yang disebut dengan arginin. Mereka membuat Anda tetap terhidrasi dan kenyang untuk jangka waktu yang lama, mencegah kebutuhan untuk meraih makanan lebih sering.

7. Jambu biji

Jambu biji dapat membantu menjaga kadar gula darah untuk penderita diabetes. Jambu biji mengandung tinggi serat dan dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mencegah kita ngemil berlebihan.

Jambu biji juga dapat membantu lancarkan pencernaan dan menjaga pergerakan usus. Jambu biji juga mengandung vitamin C, likopen dan antioksidan.

8. Lemon

Lemon jadi salah satu buah yang bagus untuk diet. Satu buah lemon dapat memenuhi seluruh kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh. Lemon juga dapat membantu laju metabolisme secara efektif.

Lemon juga kaya akan limonoid jeruk yang melumpuhkan sel kanker, terutama di usus besar dan payudara. Minumlah air infuse lemon untuk menjaga metabolisme tetap bekerja sepanjang hari.

9. Tomat

Tomat ialah buah yang tinggi akan flavonoid yang dapat membantu menurunkan berat badan karena mereka membalikkan resistensi terhadap leptin. Leptin adalah protein yang mencegah tubuh kita menurunkan berat badan dan tomat juga dapat memberikan rasa gurih pada makanan.

Cara mengonsumsi tomat sebaiknya jangan ditambahkan dengan gula. Tomat bisa dikonsumsi langsung atau dicampur ke dalam salad.

10. Alpukat

Dikutip dalam India.com, buah alpukat menjadi salah satu makanan yang dapat membantu penurunan berat badan. Dikemas dengan lemak sehat yang sangat baik untuk jantung dan antioksidan. Buah alpukat sangat penting dalam diet penurunan berat badan, karena kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup lemak sehat.

Lemak sehat bisa menjaga laju metabolisme tubuh secara optimal. Lemak sehat juga bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh yang dikaitkan dengan penurunan berat badan pada wanita dan pria.

Itulah beberapa buah yang bagus untuk diet.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com