Jam Makan Diet agar Berat Badan Turun Secara Efektif

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 22 Feb 2021 07:00 WIB
Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba Foto: iStock
Jakarta -

Jam makan diet perlu diperhatikan ya. Mengonsumsi makanan sehat dan mengontrol porsi makan, keduanya sangat penting saat kamu sedang ingin menurunkan berat badan.

Konsultan Gizi yang berbasis di Mumbai Selatan, Niti Desai mengatakan bahwa, "Waktu makan sama pentingnya dengan apa yang kamu makan dan seberapa banyak kamu makan."

Menurut Niti Desai, jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cepat, cobalah untuk makan pada waktu yang sama setiap harinya. "Orang tidak terlalu memperhatikan faktor ini, tetapi waktu makan yang tidak menentu dapat merusak rencana penurunan berat badan," ujarnya.

Saat menjalankan program diet, sebaiknya jauhi makanan tinggi kalori, makanan berminyak dan makanan yang tinggi kandungan gula. Selain itu waktu makan dan ngemil juga harus dilakukan secara teratur.

Berikut jam makan diet agar berat badan turun secara efektif yang dikutip dalam Times of India:

1. Sarapan

Sarapan adalah bagian terpenting dalam waktu makan. Saat sarapan sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi antara pukul 6 pagi hingga sebelum jam 10 pagi saat kamu ingin mencoba menurunkan berat badan.

Ini akan membantu mengurangi risiko penumpukan lemak di tubuh dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Ahli gizi Niti Desai juga merekomendasikan sarapan pagi. Ia mengatakan bahwa melewatkan sarapan adalah ide yang buruk.

2. Camilan siang

Camilan sebelum jam makan siang bisa dikonsumsi tergantung kamu sedang lapar atau tidak. Tubuh kita membutuhkan waktu minimal 4 jam untuk mencerna dan menyerap makanan yang kita makan, jadi disarankan untuk makan camilan di tangah hari 2 sampai 4 jam setelah sarapan.

Sebaiknya pilih camilan rendah kalori seperti buah-buahan segar.

3. Makan siang

Kamu harus mencoba makan siang sebelum jam 3 sore. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti memeriksa 300 pelaku diet yang mencoba menurunkan berat badan dan ditemukan bahwa orang yang makan siang lebih awal mampu menurunkan berat badan lebih banyak.

4. Camilan sore

Sama seperti camilan pagi, kamu harus makan camilan malam 2 hingga 4 jam setelah makan siang. Ngemil di antara waktu makan mencegah kamu makan berlebih.

"Makan dalam porsi kecil dengan sering selalu merupakan pilihan yang baik. Jangan mengambil jeda yang lama diantara waktu makan karena akan menyebabkan makan berlebihan saat kamu makan."

Cobalah untuk memiliki kacang-kacangan, buah-buahan, smoothie dalam camilan kamu. Meningkatkan asupan buah dan sayuran juga dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

5. Makan malam

Makan malam sebelum jam 7 malam. Sesuai studi yang dilakukan oleh Universitas Brigham Young, para peneliti meminta 29 pria untuk tidak memiliki apa pun setelah pukul 7 malam selama sekitar minggu dan kemudian meminta mereka untuk memiliki apapun yang mereka inginkan selama dua minggu lagi.

Ditemukan, orang-orang yang makan malam pada pukul 19.00 mengonsumsi 244 kalori lebih sedikit yang akhirnya membantu mereka menurunkan berat badan. Selain itu, selalu disarankan untuk makan 1-2 jam sebelum tidur, untuk menurunkan berat badan.

Itulah jam makan diet agar berat badan turun secara efektif.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com