9 Makanan Sehat untuk Diet yang Harus Dimasukkan dalam Daftar

Tim detikcom - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 05:00 WIB
Bioskop Tutup, Popcorn Tak Laku Foto: Getty Images/iStockphoto/Nikhil Patil/9 Makanan Sehat untuk Diet yang Harus Dimasukkan dalam Daftar
Jakarta -

Diet kini tidak lagi menyiksa. Kala sedang diet kita masih bisa mengonsumsi makanan sehat dan enak.

Kuncinya makanan sehat untuk diet itu salah satunya tinggi serat. Hal ini agar kita cepat kenyang sehingga tidak ada lagi keinginan untuk makan dan ngemil.

Selain mengonsumsi makanan sehat, diet juga dibarengi dengan minum air putih yang banyak. Tujuannya untuk mengurangi nafsu makan yang membuncah.

Berikut Makanan Sehat untuk Diet dilansir eatingwell:

1. Alpukat

5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan Foto: iStock

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat makanan, potasium, dan fitokimia. Orang yang makan alpukat cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih rendah daripada orang yang melewatkan makanan super hijau ini menurut sebuah studi di Nutrition Journal.

Meskipun alpukat lebih tinggi kalori daripada buah dan sayuran lainnya, kombinasi lemak dan seratnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Untuk yang sedang diet keto atau diet DEBM, alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi. Cara mengonsumsinya dengan menambahkan sedikit ke dalam salad atau sandwich.


2. Telur

Telur adalah makanan sehat untuk diet yang harganya murah. Telur kaya akan protein, lemak, dan nutrisi penting berkualitas tinggi, seperti vitamin D dan kolin.

Telur juga termasuk protein hewani dan jika kita cenderung memakannya, akan membantu menurunkan berat badan.

Makan sarapan berprotein tinggi meningkatkan penurunan berat badan, karena protein meningkatkan rasa kenyang sambil mengatur hormon rasa lapar dan nafsu makan, membantu menangkis rasa lapar sampai waktu makan siang.

Satu studi menemukan bahwa makan telur untuk sarapan membuat orang merasa lebih puas daripada mereka yang makan bagel. Telur akan membantu mereka makan lebih sedikit sepanjang hari.

3. Kacang

Semua kacang tinggi serat, yang menjadi teman saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Sebab kacang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengendalikan rasa lapar.

Makan kacang-kacangan dan polong-polongan juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kacang juga cukup rendah kalori dan mengandung protein. Cobalah masukkan dalam burger, sup, dan salad buatan sendiri.


4. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan sehat untuk diet lainnya. Yoghurt mengandung protein dan penuh probiotik, yang baik untuk kesehatan usus dan dapat membantu penurunan berat badan Anda.

Kesehatan usus dapat memengaruhi berat badan Anda, dan makan lebih banyak serat. Probiotik juga membantu menjaga bakteri usus Anda tetap bahagia, hal ini penting untuk metabolisme Anda.

Gunakan greek Yoghurt untuk mendapatkan lebih banyak protein. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi greek yoghurt dikaitkan dengan penurunan nafsu makan dan peningkatan rasa kenyang.

Namun jangan mengonsumsi gula tambahan dalam greek yoghurt karena hanya akan menambah kalori. Sebagai gantinya, gunakan buah segar untuk mempermanis greek yoghurt.

5. Salmon

Salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi yang kaya dan menyediakan banyak lemak baik yakni asam lemak omega-3. Diet kaya asam lemak omega-3 membantu orang merasa lebih puas ketika mereka menjaga asupan kalori.

Makan salmon bisa menjadi cara yang lezat dan serbaguna untuk mendapatkan kesehatan jantung yang direkomendasikan setiap minggu.

6. Buah

Buah terkadang mendapat reputasi buruk karena secara alami mengandung gula. Tetapi makan buah dapat membantu menurunkan berat badan, terutama bila Anda menukar buah segar dengan makanan olahan atau camilan tidak sehat lainnya.

Anda akan mendapatkan camilan manis alami, plus menuai manfaat serat dan antioksidan.


7. Popcorn

Selama camilan renyah yang populer ini tidak mengandung mentega, maka popcorn bisa menjadi camilan penurun berat badan yang sangat baik. Popcorn tidak hanya tinggi serat, bahkan juga mengandung protein.

Satu porsi 1 ons jagung (sekitar 3½ cangkir) memiliki 4 gram serat, hampir 4 gram protein dan memiliki 110 kalori. Anda bisa makan 3 cangkir penuh popcorn hanya dengan 100 kalori.

8. Almond

Almond adalah sumber serat yang sangat baik, dan kaya akan protein. Makan makanan dengan serat dan protein yang tidak terlalu banyak dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal ini akan membuat Anda tidak tergoda untuk meraih camilan tidak sehat di antara waktu makan.

Almond juga kaya vitamin E dan sumber lemak tak jenuh tunggal serta tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Almond adalah pilihan tepat untuk ditaburkan di atas salad atau cemilan sehat.

9. Buah Pir

woman holding pears in her handwoman holding pears in her hand Foto: Thinkstock

Buah pir mengandung banyak serat dan rendah kalori. Oleh karena itu dengan mengonsumsi buah pir, maka nafsu makan akan terkontrol.

Karena itu masukkan buah pir dalam daftar makanan sehat untuk diet. Artis Tya Ariestya juga mengonsumsi buah pir untuk dietnya. Kalau detikers bagaimana?



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com