Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 10:30 WIB
Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat Foto: iStock
Jakarta -

Diet rendah karbohidrat kini banyak dipilih untuk menurunkan berat badan dengan cepat, namun waspadai diet ini karena ada bahaya kesehatan di balik diet rendah karbohidrat.

Diet rendah karbohidrat dianggap banyak orang sebagai salah satu pola diet yang sehat. Diet ini juga dianggap efektif karena bisa menurunkan berat badan dengan relatif cepat.

Salah satu jenis diet rendah karbohidrat adalah diet ketogenic yang memiliki banyak penggemar. Para pelaku diet ketogenic memiliki prinsip tidak mengonsumsi atau mengurangi asupan karbohidrat dalam jumlah yang signifikan.

Namun dari sisi kesehatan, ternyata diet rendah karbohidrat yang berkepanjangan tidak begitu dianjurkan oleh para ahli. Para ahli bahkan menjelaskan beberapa efek yang bisa ditimbulkan dari diet rendah karbohidrat.

Berikut hal-hal yang akan terjadi pada tubuh akibat kekurangan karbohidrat. Informasinya dirangkum Byrdie (18/2):

1. Muncul Gejala Flu 'Rendah Karbohidrat'

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan KarbohidratIni yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat Foto: iStock

Juliana Shalek, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa diet rendah karbohidrat memang akan menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini karena pengurangan karbohidrat berkaitan dengan pengurangan kadar gula darah.

Selain itu, diet rendah karbohidrat juga dapat menurunkan tingkat insulin. Berkurangnya tingkat insulin ini juga berkaitan dengan pengurangan penyimpanan lemak dalam tubuh.

Tetapi, dijelaskan bahwa akan ada gejala flu 'rendah karbohidrat' yang ditimbulkan akibat diet rendah karbohidrat secara berkepanjangan. Gejalanya berupa kondisi tubuh yang lemah, badan terasa lemas, pusing bahkan flu yang akan berlangsung selama beberapa hari atau hitungan minggu.

Baca Juga: Apa Itu Diet Keto dan Menu Diet Keto untuk Pemula

Saksikan juga 'Ngiler Lihat Gorengan? Boleh Makan Asalkan...':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com