Apa Itu Diet Keto dan Menu Diet Keto untuk Pemula

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jan 2021 08:00 WIB
ketogenic diet with nutrition diagram,  low carb,  high fat healthy weight loss meal plan Foto: iStock
Jakarta -

Ketogenik adalah istilah untuk diet rendah karbohidrat. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan lebih banyak kalori dari protein dan lemak serta lebih sedikit dari karbohidrat.

Karbohidrat yang banyak dikurangi adalah jenis karbohidrat yang mudah dicerna seperti gula, soda, kue kering dan roti putih.

Cara kerja diet keto ini adalah ketika Anda makan kurang dari 50 gram karbohidrat sehari, tubuh Anda pada akhirnya akan kehabisan bahan bakar (gula darah) yang dapat digunakan dengan cepat.

Ini biasanya membutuhkan waktu tiga hingga empat hari. Kemudian Anda akan mulai memecah protein dan lemak untuk energi yang dapat membuat Anda menurunkan berat badan. Hal ini disebut dengan ketosis.

WebMD menuliskan bahwa diet ketogenik adalah diet jangka pendek yang berfokus pada penurunan berat badan daripada mengejar manfaat kesehatan.

Orang yang paling sering menggunakan diet ketogenik untuk menurunkan berat badan tetapi diet ini dapat membantu mengelola kondisi medis tertentu seperti epilepsi dan juga dapat membantu orang dengan penyakit jantung, penyakit otak tertentu dan bahkan jerawat.

Balanced diet nutrition keto concept. Assortment of healthy ketogenic low carb food ingredients for cooking on a kitchen table. Green vegetables, meat, salmon, cheese, eggs. Top view backgroundBalanced diet nutrition keto concept. Assortment of healthy ketogenic low carb food ingredients for cooking on a kitchen table. Green vegetables, meat, salmon, cheese, eggs. Top view background Foto: iStock

Diet keto menitikberatkan pada makan tinggi protein, lemak baik dan juga tinggi nutrisi. Dimana seseorang yang menjalani diet ketogenik harus mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, salah satunya seperti nasi yang dikonsumsi setiap hari.

Pengurangan kandungan karbohidrat disebut dengan fase ketosis. Dimana asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi diganti dengan makanan tinggi protein dan lemak baik.

Selanjutnya pada prosesnya tubuh tidak akan memproduksi gula darah yang akan digunakan sebagai sumber energi utama dan akan memecah lemak sebagai sumber energi cadangan tubuh.

Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi oleh orang yang menjalani diet keto:

1. Telur
2. Daging merah, ayam, sosis, steak, kalkun dan bacon
3. Mentega dan krim
4. Ikan salmon, tuna, makarel dan sarden
5. Jenis keju yang tidak diolah
6. Buah alpukat dan stroberi
7. Kacang almond, biji chia, kenari dan jenis kacang-kacangan
8. Sayur hijau, paprika, tomat dan bawang
9. Yogurt full fat dan susu full fat
10. Dark chocolate

Yang terpenting dalam menjalani diet keto adalah cara Anda untuk membagi kandungan setiap makanan yang dikonsumsi. Misalnya pembagian antara protein, lemak baik dan karbohidrat yaitu 20 persen untuk protein, 75 persen untuk lemak baik dan sisanya 5 persen untuk karbohidrat.

Hanya saja, U.S. News & World Report menempatkan diet keto pada posisi 38 dari 39 jenis diet untuk penghargaan Best Diet 2021. Seperti dilansir CNN, panel ahli kesehatan yang terdiri dari ahli jantung, diabetes, nutrisi, diet, dan obesitas memberi nilai rendah pada diet keto karena beberapa hal.

Diantaranya karena diet keto sangat ketat dan sulit diikuti. Diet keto juga menghilangkan seluruh kelompok makanan yang mana hal ini tidak direkomendasikan dalam pedoman diet.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)