Makan Siang untuk Diet, Intip Menu dan Resep Praktisnya

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 03 Mar 2021 12:00 WIB
5 Tempat Makan Pepes Ikan dan Tahu Berbumbu Tebal Foto: iStock
Jakarta -

Makan siang untuk diet tidak harus yang rasanya hambar. Ada banyak makanan diet yang bercitarasa enak. Apa saja?

Diet rendah karbohidrat dan makanan utuh, diet rendah kalori efektif untuk menurunkan berat badan dan mungkin lebih mudah diikuti dibandingkan dengan diet lainnya. Pastikan untuk selalu mengonsumsi protein, lemak sehat, sayur dan buah.

Saat makan siang sebaiknya juga hindari konsumsi minuman bersoda ataupun minuman manis yang berkalori tinggi. Pilihlah minuman yang dibuat tanpa gula seperti air putih ataupun es teh tawar.

Bagi diet pemula, ada beberapa menu makan siang untuk diet yang bisa dibuat di rumah. Berikut ini beberapa resepnya:

1. Pepes Ikan Bumbu Kuning

5 Tempat Makan Pepes Ikan dan Tahu Berbumbu Tebal5 Tempat Makan Pepes Ikan dan Tahu Berbumbu Tebal Foto: iStock

Menu makan siang untuk diet pemula yang enak dan rendah kalori adalah pepes ikan. Pepes ini menggunakan ikan kembung sebagai bahan utamanya. Ikan kembung mengandung tinggi protein semakin enak dipadu dengan bumbu gurih seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, kemangi, tomat hingga serai.

Pepes ikan rendah kalori karena dibuat tanpa menambahkan minyak. Pepes dibuat dengan balutan daun pisang dan dikukus hingga matang. Klik di sini untuk melihat resep pepes ikan bumbu kuning.

2. Ikan Pindang Kuning

Pindang Ikan KakapPindang Ikan Kakap Foto: detikfood

Resep ikan lainnya adalah pindang kuning. Kuahnya segar karena dicampur dengan belimbing sayur yang memiliki sensasi rasa segar. Tak ditambahkan minyak, sajian berkuah hangat ini cocok dinikmati dengan nasi putih ataupun nasi merah.

Yuk cek resep lengkapnya di sini.

3. Sayur Bening

Nyesek! Curhatan Menantu Hanya Diijinkan Makan Sayur Bening oleh MertuaNyesek! Curhatan Menantu Hanya Diijinkan Makan Sayur Bening oleh Mertua Foto: Instagram @tante_rempong_offficial

Sayuran sangat penting dikonsumsi untuk kamu yang sedang berdiet. Sayur bayam mengandung asam folat dan juga beberapa vitamin dan serat. Dalam proses memasak, sayur bayam paling enak dinikmati menjadi sayur bening.

Sayur bening bayam juga bisa dipadu dengan potongan labu siam dan jagung manis. Kamu bisa cek resepnya di sini.

4. Caesar Salad

Chicken Caesar SaladChicken Caesar Salad Foto: iStock

Bagi kamu yang suka dengan sayuran, bisa mencoba untuk menikmati caesar salad sebagai menu makan siang. Meskipun salad, namun makanan ini cukup mengenyangkan. Dibuat dari campuran lettuce, kale dan juga kacang panggang serta beberapa potong roti panggang.

Tidak hanya enak tetapi juga menyehatkan. Klik di sini untuk lihat resep lengkapnya.

5. Tumis Sawi Jamur Enoki

enokienoki Foto: Getty Image

Bosan dengan bayam, kamu bisa membuat sajian sawi ini. Tumis sawi lebih kaya rasa apalagi ditambah dengan jamur enoki. Semua sayuran ini dipadu dengan bumbu sederhana seperti saus tiram serta bawang putih.

Jika sedang berdie, sebaiknya buat tumisan dengan teflon anti lengket. Minyaknya cukup dioleskan sedikit dengan tisu yang sudah terkena minyak. Dijamin enak! Resepnya ada di sini.

Makan siang untuk diet di atas bisa dipadu dengan aneka buah-buahan. Pastikan mengonsumsi buah segar bukan jus agar serat yang dikandungnya masih optimal. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.



Simak Video "Bikin Laper: Bakso Gepeng Mantul Bikin Lidah Bergoyang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com