7 Cara Memulihkan Tubuh dari Efek Buruk Usai Makan Gorengan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 14:30 WIB
7 Cara Memulihkan Tubuh dari Efek Buruk Usai Makan Gorengan Foto: Getty Images/4kodiak
Jakarta -

Gorengan dan makanan berminyak lainnya memang nikmat, tapi asupan minyak yang berlebih dapat memberikan efek buruk pada tubuh. Ada cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan tubuh usai banyak makan gorengan.

Minyak menjadi bahan makanan yang paling sering digunakan baik sebagai bahan masakan maupun bahan untuk memasak. Misalnya pada hidangan yang digoreng, ditumis atau beberapa hidangan bakar yang menggunakan minyak yang berasal dari lemak hewani.

Makanan yang dimasak dengan banyak minyak memang memiliki rasa yang lezat, namun sayangnya asupan minyak yang berlebihan bisa menumpuk di dalam tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Minyak yang terlalu menumpuk salah satunya akan berefek buruk pada kardiovaskular, tetapi jangan khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan kondisi tubuh dari efek buruk setelah banyak makan gorengan.

7 cara yang telah dirangkum melalui Food NDTV (23/2) berikut ini bisa kamu tiru:

1. Air Hangat

7 Cara Memulihkan Tubuh dari Efek Buruk Usai Makan Gorengan7 Cara Memulihkan Tubuh dari Efek Buruk Usai Makan Gorengan Foto: Getty Images/4kodiak

Minum cukup air putih bisa memulihkan kondisi tubuh usai kamu konsumsi makanan atau minuman yang kaya rasa. Tetapi untuk membersihkan mulut dan membantu menetralkan asupan minyak, kamu butuh minum air dalam suhu yang hangat.

Air hangat dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan memudahkan sistem pencernaan untuk mengolah makanan yang cukup berat. Terlebih, air hangat juga dapat membantu membersihkan sisa-sisa minyak yang masih tertinggal di mulut.

2. Teh Hijau

Teh hijau menjadi minuman yang baik dikonsumsi usai makan gorengan atau makanan berminyak lainnya. Usahakan untuk minum teh hijau dalam keadaan hangat.

Teh hijau yang hangat, selain memiliki manfaat seperti air hangat juga mengandung antioksidan yang baik. Kandungan antioksidan pada teh hijau ini dapat membantu menyeimbangkan kandungan oksidatif yang berlebihan pada pencernaan.

Baca Juga: Terlalu Sering Konsumsi Gorengan, Ini 5 Dampaknya untuk Tubuh

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com