Milk Diet Bisa Turunkan Berat Badan 3,6 Kg dalam Sebulan, Ini Caranya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 07:00 WIB
Milk Diet Bisa Turunkan Berat Badan 3,6 Kg dalam Sebulan, Ini Caranya! Foto: Getty Images/iStockphoto/nortonrsx
Jakarta -

Susu sapi kerap dibatasi konsumsinya saat berdiet, tapi tidak dengan diet yang satu ini. Milk diet justru menganjurkan pelakunya rutin minum susu.

Susu tergolong bahan makanan bernutrisi, namun hanya mengandalkan asupan susu untuk berdiet tidak disarankan. Pasalnya susu tidak memiliki zat gizi lengkap yang diperlukan tubuh setiap hari.

Kini muncul pola diet baru bernama milk diet alias diet susu yang menonjolkan keunggulan susu sapi bebas lemak. Pola diet ini tidak hanya menyarankan minum susu, tapi juga diimbangi asupan makanan rendah kalori dan rutin olahraga.

Kombinasi hal tersebut diklaim efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam sebulan, pelaku diet ini bahkan bisa memangkas bobot tubuh hingga 3,6 kg!

Lantas seperti apa serba-serbi milk diet? Mengapa susu dianggap efektif untuk menurunkan berat badan? Dan apa saja menu rendah kalori yang disarankan untuk dikonsumsi?

Berikut detikfood merangkum informasi diet susu dari Style Craze (25/2):

1. Alasan susu bagus untuk menurunkan berat badan

Milk Diet Bisa Turunkan Berat Badan 3,6 Kg dalam Sebulan, Ini Caranya!Milk Diet Bisa Turunkan Berat Badan 3,6 Kg dalam Sebulan, Ini Caranya! Foto: Getty Images/iStockphoto/nortonrsx

Susu sapi merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Sebuah penelitian menemukan asupan kalsium yang tinggi berkaitan dengan pembakaran lemak yang lebih banyak.

Selain itu susu sapi juga bisa menekan rasa lapar. Hal ini lantaran susu merangsang produksi hormon pelawan lapar bernama peptide YY (PPY).

Alasan lainnya susu sapi tinggi kandungan protein. Segelas susu bisa mengandung 8,14 gram protein. Asupan protein ini bisa meningkatkan metabolisme, menambah kepuasan rasa kenyang, mengurangi lemak perut, dan menurunkan tekanan darah.

2. Milk diet diimbangi konsumsi makanan sehat

Milk diet dirancang sebagai pola diet sehat. Artinya pelaku diet ini tidak akan mengalami penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat. Diet ini juga tidak mengecualikan asupan nutrisi sehat lainnya.

Selain susu sapi, pelaku diet ini wajib mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, sumber protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.

Milk diet juga menyertakan olahraga supaya usaha penurunan berat badan lebih efektif. Penurunan berat badan dari diet ini mungkin tidak begitu cepat dan banyak, karena sekitar 3,6 kg dalam sebulan. Namun diet ini tidak memberi efek yoyo. Artinya jika suatu saat pelaku diet ini berhenti, berat badan mereka tidak akan melonjak lagi dalam waktu cepat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com