Minum Susu Bisa Bikin Langsing? Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Nov 2020 05:00 WIB
Minum Susu Bisa Bikin Langsing? Ini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Akarawut Lohacharoenvanich
Jakarta -

Minum susu memberikan banyak manfaat sehat, tapi benarkah minum susu bisa bikin langsing? Seperti ini faktanya.

Minum susu jadi kebiasaan banyak orang untuk mengawali hari. Biasanya susu dipilih karena praktis, bernutrisi, dan mengenyangkan.

Susu mengandung banyak nutrisi sehingga sering disebut juga sebagai "makanan komplet". Ada pilihan susu segar, UHT, atau pasteurisasi. Namun sayangnya susu sering dicap buruk oleh pelaku diet.

Mereka beranggapan minum susu bisa membuat gemuk karena berlemak. Namun di sisi lain, ada pula anggapan yang beredar kalau minum susu justru bantu menurunkan berat badan.

Lalu seperti apa faktanya? detikFood merangkum informasi seputar konsumsi susu dan efeknya untuk berat badan seperti berikut:

1. Nutrisi segelas susu segar

Minum Susu Bisa Bikin Langsing? Ini FaktanyaMinum Susu Bisa Bikin Langsing? Ini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Akarawut Lohacharoenvanich

Dikutip dari Healthline (2/11), segelas susu segar (240 ml) tanpa pemanis atau perasa buatan mengandung sekitar 149 kkal. Nutrisi lainnya mencakup:
- Protein: 8 gram
- Lemak: 8 gram
- Karbohidrat: 12 gram
- Kalsium: memenuhi 21% kebutuhan rekomendasi harian (DV)
- Magnesium: 6%
- Potassium: 7%
- Vitamin D: 16%

Adapun mineral kalsium, magnesium, dan potassium dalam susu sangat penting untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, susu menonjol dalam kandungan proteinnya yang tinggi namun rendah kalori.

Karenanya susu bisa jadi pilihan minuman sehat untuk menghidrasi tubuh. Pastikan memilih susu yang sehat dan tidak mengandung pemanis agar tidak menambah jumlah kalori di dalamnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]