Minum Susu Bisa Turunkan Berat Badan, Begini Penjelasannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 16:30 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Minum susu bisa turunkan berat badan asal tepat mengonsumsinya. Peneliti menjelaskan alasan di balik klaim minum susu bisa turunkan berat badan ini.

Saat sedang turunkan berat badan, konsumsi susu sering kali dihindari. Susu dicap bisa menghambat proses penurunan berat badan. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya tepat. Susu kerap disebut sebagai "makanan komplet" karena kandungan nutrisinya.

Dikutip dari Times of India (30/10), susu mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh seperti protein dan kalsium. Soal klaim minum susu bisa turunkan berat badan, hal ini sudah dibuktikan para peneliti.

Minum Susu Bisa Turunkan Berat Badan, Begini PenjelasannyaFoto: iStock

Menurut laporan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi produk susu seperti susu bisa membantu usaha penurunan berat badan. Pemimpin penelitian Danit R. Shahar menjelaskan, "Penelitian kami menyarankan konsumsi kalsium dan vitamin D lebih tinggi berkaitan dengan penurunan berat badan yang lebih efektif."

Mereka melihat data dari partisipan yang mengonsumsi lebih banyak produk susu setiap harinya, alami penurunan berat badan sekitar 5,4 kg dalam 6 bulan. Sedangkan partisipan yang tidak konsumsi banyak produk susu hanya kehilangan 3,1 kg berat badan dalam 2 tahun.

Meski kaitan langsung antara minum susu dan penurunan berat badan belum terlalu jelas, setidaknya ada bukti untuk mempertimbangkan asupan susu sebagai makanan sehari-hari.

Minum Susu Bisa Turunkan Berat Badan, Begini PenjelasannyaFoto: iStock

Salah satu alasan utama susu baik untuk kesehatan adalah sifat susu yang mengenyangkan. Susu mengandung hormon bernama peptide YY yang terkenal dengan sifat 'pelawan lapar'. Sehingga disarankan untuk minum susu di pagi hari agar di waktu makan selanjutnya, seseorang tidak kalap makan.

Baca Juga: Minum Segelas Susu Saat Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Susu juga baik diminum usai berolahraga. Susu memasok energi instan yang biasanya banyak hilang dalam sesi olahraga. Sekaligus menguatkan tulang dan otot. Susu mengandung kalsium, protein, vitamin B2, B12, dan nutrisi penting lainnya.

Minum Susu Bisa Turunkan Berat Badan, Begini PenjelasannyaFoto: iStock

Lalu seperti apa anjuran minum susu? Perlu diperhatikan bahwa susu dengan perasa lebih enak, namun bukan pilihan terbaik untuk turunkan berat badan. Pilih susu plain yang tidak ditambahkan rasa karena kalorinya lebih sedikit.

Untuk orang dewasa, sekitar 250 ml susu per hari mengandung sekitar 150 kalori. Sedangkan segelas susu skim hanya 83 kalori. Keduanya bebas dipilih, sebaiknya berdasarkan kebutuhan kalori harian.

Minum Susu Bisa Turunkan Berat Badan, Begini PenjelasannyaFoto: iStock

Sebelumnya, peneliti juga menemukan konsumsi susu cokelat bisa turunkan berat badan. Salah satunya karena efek kalsium. Para peneliti memperkirakan konsumsi lebih dari 1.000 miligram kalsium dapat menghilangkan hampir 8 kg lemak.

Lebih bagus lagi karena penelitian lain menunjukkan bahwa susu termasuk kalsium yang paling mudah diserap tubuh. Karenanya tak ada salahnya rutin mengonsumsi susu, termasuk ketika Anda ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Minum Susu Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Sebabnya


Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)