Minum Segelas Susu Saat Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 06:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Segelas susu ternyata bisa jadi menu sarapan yang efektif membuat kenyang lebih lama. Jadi jika sedang melakukan diet, coba pilih minum susu di pagi hari.

Dilansir dari MilkLife (17/7) sebuah penelitian mengungkap kalau minum susu di pagi hari bisa membuat perut kenyang lebih lama. Susu yang direkomendasikan untuk dinikmati pagi ini adalah jenis susu bebas lemak.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Juli ini berisi fakta susu yang memberikan efek kenyang. Para peneliti dari Australia ini membandingkan antara orang-orang yang susu rendah lemak dan minum minuman buah di pagi hari.
Minum Susu Saat Sarapan Ternyata Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: iStock

Baca juga : Ini 6 Alasan Sehat untuk Minum Susu Saat Sarapan

Penelitian ini melibatkan 34 panelis pria dan wanita yang dibagi dalam dua sesi waktu pengujian. Satu sesi penelitian, para peserta diminta sarapan segelas susu, dan pada satu sesi lainnya mengasup jus buah di pagi hari.

Jumlah susu ataupun jus buah yang harus disantap yakni sekitar 600 mililiter. Keduanya sama-sama mengandung 250 kalori yang ideal untuk takaran kalori sarapan orang dewasa.

Minuman ini disantap saat pagi dengan selang waktu 4 jam sebelum jam makan siang. Para panelis kemudian dipersilahkan menikmati makan siang dengan menu yang bisa dimakan sepuasnya.

Dari sini peneliti menemukan fakta bahwa orang yang sarapan dengan susu akan merasa lebih kenyang sehingga menyantap makan siang dengan porsi yang lebih sedikit. Hal ini berlaku untuk gender pria maupun wanita.

Dari hasil uji ini, para peneliti beranggapan kandungan protein, laktosa dan konsistensi susu yang kental membuat orang merasa lebih kenyang. Dengan ini, sarapan susu bisa jadi alternatif santapan pagi para pelaku diet.
Minum Susu Saat Sarapan Ternyata Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: Istock

Baca juga : Apakah Orang Dewasa Masih Perlu Minum Susu Tiap Pagi?

Namun dengan catatan penelitian ini berlaku untuk jenis susu rendah lemak. Dalam setiap 100 ml susu rendah lemak mengandung 181 kalori, 3,48 gram protein, 5,15 gram karbohidrat, 1 gr lemak. Susu ini juga mengandung kalsium dan vitamin D yang juga dibutuhkan tubuh.

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan porsi ideal konsumsi susu rendah lemak. Dalam sehari, susu rendah lemak bisa dinikmati hingga tiga gelas. Jadi kalau mau tetap kenyang hingga siang, coba sarapan dengan segelas susu rendah lemak.Tanpa gula dan tambahan rasa. (dvs/odi)