Kalori Air Kelapa dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 14:30 WIB
Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws. Foto: iStock
Jakarta -

Kalori air kelapa memang tidak terlalu tinggi. Air kelapa juga sering dijadikan sebagai minuman isotonik alami.

Dikutip dalam Healthline, air kelapa terbentuk secara alami di dalam buah dan mengandung 94 persen air dan sedikit lemak. Kalori air kelapa dengan ukuran 240 ml mengandung kalori sebesar 46 kkal, karbohidrat 9 gram dan protein 2 gram.

Air kelapa memiliki banyak manfaat seperti pengganti cairan tubuh setelah olahraga hingga tinggi antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi air kelapa yang dikutip dalam Medical News Today:

1. Elektrolit alami

Air kelapa sering dimanfaatkan sebagai minuman penambah energi alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat berfungsi sebaik minuman olahraga tradisional untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan setelah berlari.

2. Rendah kalori

Dengan hanya mengandung 45 kalori dalam satu cangkir, air kelapa sudah dapat menjadi pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Air kelapa juga memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus. Ia juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

Air Kelapa Tua Punya Nutrisi BerlimpahAir Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

3. Tinggi kalium

Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali jumlah kalium dari kebanyakan minuman olahraga. Segelas air kelapa sebanyak 286 ml dikemas dengan potasium sebanyak pisang.

Kalium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat berolahraga. Karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

4. Kalsium dan magnesium

Kalsium sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Keduanya dapat membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Saat Anda berolahraga, otot menarik tulang Anda dan menghancurkannya sedikit. Saat tubuh Anda pulih, tulang Anda menggunakan kalsium untuk menjadi lebih kuat dan diperbaiki.

Magnesium dapat membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Ini juga dapat membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ. Olahraga yang berat dapat membuat Anda kekurangan magnesium dan rentan alami kram, otot gelisah dan kejang.

Air Kelapa Tua Punya Nutrisi BerlimpahAir Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

5. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan dan membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com