7 Manfaat Buah Kelapa yang Banyak Khasiat dan Menyegarkan

Tim detikcom - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 17:30 WIB
Fresh Brazilian coco gelado drinking coconuts in woven palm baskets rest on weathered wooden table against green jungle background Foto: Getty Images/iStockphoto/PeskyMonkey/7 Manfaat Buah Kelapa yang Banyak Khasiat dan Menyegarkan
Jakarta -

Buah kelapa adalah buah yang banyak ditemukan di daerah tropis. Buah ini sangat menyegarkan untuk melepas dahaga.

Namun ternyata, buah kelapa bukan hanya menyegarkan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat buah kelapa dilansir Health Jurnal:

1. Memberikan Lemak Baik

Meski kelapa memiliki khasiat penyembuhan, banyak orang yang masih belum yakin apakah minyak kelapa cocok untuk kesehatan mereka karena mengandung lemak jenuh.

Minyak kelapa murni diekstraksi dari kelapa matang dengan daging yang keras. Sementara minyak kelapa terhidrogenasi dikumpulkan dan kemudian ditekan dingin pada suhu sekitar 38 derajat celcius.

Lebih baik Anda mengonsumsi minyak kelapa murni dan belum diproses.

2. Kelapa Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi kelapa.

Bahkan dengan lemak jenuhnya, itu tidak seberbahaya lemak jenuhnya yang direndam dalam kalori tinggi dan kolesterol.

Kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan metabolisme pada saat yang bersamaan.

Lemak terbakar sebagai energi daripada menempel di perut. Hal ini baik untuk diet Anda. Selain itu, buah kelapa juga menjaga keseimbangan dalam saluran pencernaan dan mendetoksifikasi tubuh Anda.

Kelapa tidak memiliki produk sampingan yang berbahaya untuk Anda khawatirkan. Bahkan saat dipanaskan untuk memasak makanan seperti minyak nabati lainnya.

3. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Dengan mengonsumsi air yang terdapat dalam kelapa muda, Anda akan mendapatkan semua elektrolit yang Anda butuhkan. Hal itu adalah sumber elektrolit dengan nilai tertinggi, yang terutama bertanggung jawab untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Kelapa juga akan menjaga saraf dan otot Anda berfungsi secara optimal.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kelapa khususnya minyak kelapa menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang memperlambat proses penuaan dan melindungi kulit Anda dari radiasi berbahaya dari matahari.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa ke kulit Anda. Gunakan sebelum mandi, agar minyak lebih mudah terserap melalui kulit Anda setelah pori-pori Anda terbuka.

5. Buah Kelapa Melawan Virus dan Bakteri

Buah kelapa bermanfaat untuk melawan Virus dan bakteri. Sebab Buah kelapa mengandung asam laurat, yang bila dicerna membentuk zat yang disebut monolaurin. Zat ini membantu melawan jamur, virus, dan bakteri untuk mencegah infeksi.

Mereka bahkan telah terbukti membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus dan ragi Candida albicans, sumber umum infeksi jamur pada manusia.

6. Memastikan Gigi dan Tulang Sehat

Manfaat mengonsumsi buah kelapa setiap hari adalah mendukung perkembangan kesehatan gigi dan tulang.

Dengan demikian, Anda akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mangan dan kalsium, yang penting untuk perkembangan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang rapuh, kurus, sekaligus menyebabkan hilangnya kepadatan.

Kelapa juga merupakan alternatif yang sangat baik untuk orang-orang yang intoleran laktosa.

7. Menghilangkan Infeksi Kulit Kepala

Manfaat buah kelapa berikutnya yakni bersifat antijamur dan antibakteri yang akan melindungi kulit kepala dari kutu, ketombe, dan kulit kepala gatal. Semuanya itu berperan dalam mengurangi pertumbuhan rambut.

Mengonsumsi buah kelapa bermanfaat juga untuk:

-meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kelapa bersifat anti parasit, antibakteri, anti virus dan antijamur.

-Memberikan energi cepat dan meningkatkan kinerja atletik dan fisik.

-Sangat mengurangi risiko penyakit jantung.

-Melindungi dari infeksi kandung kemih dan penyakit ginjal.

-Mengembalikan dan memelihara fungsi tiroid.

-Membuat Anda terlihat awet muda dengan mencegah timbulnya bintik-bintik penuaan, kulit kendur, dan kerutan.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com