9 Manfaat Air Kelapa Muda, Minuman Rendah Kalori yang Bikin Awet Muda

Tim detikcom - detikFood Senin, 08 Feb 2021 11:30 WIB
Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws. Foto: iStock/9 Manfaat Air Kelapa Muda, Minuman Rendah Kalori yang Bikin Awet Muda
Jakarta -

Biasanya kita minum air kelapa muda saat sedang di pantai untuk melepas dahaga. Namun ternyata air kelapa muda banyak manfaatnya.

Air kelapa muda mengandung air 95,5 persen, protein 0,1 persen, lemak kurang dari 0,1 persen, karbohidrat 4 persen, dan abu 0,4 persen,

Air kelapa muda juga mengandung vitamin C 2,2-3,4 mg/100 ml, vitamin B kompleks yang terdiri dari asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, asam folat, vitamin B1, dan sedikit piridoksin.

Selain itu, sejumlah mineral seperti kalsium, nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, klorin, sulfur, dan besi bisa ditemukan dalam air kelapa muda.

Air kelapa muda sering dijadikan sumber minuman bergizi, olahan berbagai minuman hingga olahan obat-obatan tertentu.

Minum air kelapa muda biasanya disertai dengan buahnya. Daging kelapa muda mengandung 15 jenis asam amino, 10 di antaranya termasuk asam amino esensial.


Berikut manfaat air kepala muda dilansir Healthline, medicalnewstoday, dan sumber lainnya:


1. Bikin Tubuh Terhidrasi

Air kelapa muda membuat tubuh terhidrasi. Sebab air kelapa muda mengandung elektrolit alami.

Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan, banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman performa yang lebih alami yang dapat membuat tubuh terhidrasi.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa muda dengan tambahan gula. Hal ini karena dapat mencegah hidrasi yang tepat dan menambah kalori yang tidak perlu.


2. Rendah Kalori

Dilansir Buku Keampuhan Air dan Minyak Kelapa bagi Kesehatan oleh Tiara Putri, kalori air kelapa muda 68 kalori per 100 gram. Hal ini sangat baik bagi kamu yang sedang diet.

Air kelapa muda juga rendah karbohidrat dan tinggi mineral.


3. Turunkan Hipertensi

Kandungan mineral kalsium pada air kelapa tua dan air kelapa muda yang tertinggi. Mengonsumsi mineral Kalsium tinggi dapat menurunkan hipertensi dan membantu absorpsi obat-obat dalam darah.


4. Manfaat untuk Ibu Hamil

Dalam buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat oleh Dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes., Fitrio Chakrawati, S. Sos.,MM, air kelapa muda berkhasiat pada ibu hamil yakni menjadikan air ketuban putih dan bersih.

Selain air kelapa muda, minum air kelapa hijau juga dianjurkan. Efeknya bukan supaya kulit bayi putih, tetapi lebih kepada bersih saat melahirkan karena dapat meminimalisir lendir.

Namun jangan minum pada usia hamil muda. Sebab efeknya akan membuat perut sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com