7 Minyak Sehat untuk Menggoreng Rekomendasi Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 13:30 WIB
minyak canola kurangi lemak perut Foto: iStock

6. Minyak Canola

Minyak canola berasal dari tanaman canola yaitu tanaman dengan bunga kuning yang tumbuh dengan ukuran terbilang tinggi. Jenis minyak ini termasuk minyak sehat untuk menggoreng.

Canola dianggap sebagai minyak yang sehat karena rasio lemak jenuh yang tinggi dan sekitar 10 persen lemak minyak berasal dari omega-3 yang sehat untuk jantung. Tetapi, akibat proses pembuatannya, minyak canola kehilangan sebagian kandungan antioksidannya.

7. Minyak Sayur Lainnya

Soybean oil and Soybean on wooden table.Foto: iStock

Minyak bunga matahari, jagung, dan kedelai mengandung lemak tak jenuh dan sejumlah kecil lemak jenuh. Kandungan asam lemak ini adalah alasan yang membuat mereka menjadi pilihan minyak goreng yang sehat, menurut meta-analisis Juli 2018 dalam Penelitian Lipid.

Analisis yang melibatkan 54 percobaan dengan lebih dari 2.000 partisipan ini menemukan bahwa ketika mengganti sumber lemak jenuh seperti mentega dan lemak, minyak nabati ini efektif dalam mengurangi kolesterol total, kolesterol LDL dan kadar trigliserida sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL. Dengan penemuan tersebut maka minyak jenis ini akan akan lebih sehat dibanding minyak yang dapat meningkatkan kolesterol total.

Baca Juga: Ini 10 Minyak Tersehat yang Baik Dipakai untuk Memasak

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com