Manfaat Jus Tomat: Tinggi Antioksidan hingga Sehatkan Mata

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jan 2021 05:00 WIB
Tomat untuk skincare alami Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae
Jakarta -

Jus tomat adalah minuman sehat yang menyediakan berbagai macam vitamin, mineral dan antioksidan kuat. Tomat juga mengandung likopen serta antioksidan.

Dilansir dalam Healthline, secangkir jus tomat dengan ukuran 240 ml mengandung kalori sebesar 41 kkal, protein 2 gram dan serat 2 gram.

Jus tomat juga mengandung karotenoid yang berguna untuk meningkatkan kesehatan penglihatan dan pemeliharaan jaringan mata. Jus tomat juga mengandung magnesium dan potasium yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung.

Berikut beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan yang dikutip dalam NDTV:

1. Sumber antioksidan


Jus tomat mengandung antioksidan yaitu beta-karoten dan likopen yang bertanggung jawab atas warna merah tua pada tomat. Antioksidan dikaitkan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan dan fitonutrien yang kuat ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Tomatoes growing in greenhouseTomatoes growing in greenhouse Foto: iStock

2. Meningkatkan pencernaan


Manfaat jus tomat juga dapat membantu merangsang pergerakan usus, mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan. Jus tomat kaya akan serat dan berfungsi sebagai pencahar ringan alami yang dapat mencegah sembelit. Konsumsi jus ini dapat mencegah sembelit.

3. Membantu mencegah pembekuan darah


Pasokan fitonutrien yang tinggi ditemukan dalam tomat diketahui dapat mencegah penggumpalan sel trombosit yang tidak normal dan bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung.

Tomat untuk skincare alamiTomat untuk skincare alami Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae

4. Baik untuk jantung


Tomat memiliki kandungan likopen, vitamin C dan E serta beta karoten yang tinggi. Semua zat ini dapat mendukung kesehatan jantung. Likopen dapat membantu memperkuat dinding pembuluh darah dan mengeluarkan kolesterol dari darah.

5. Detoksifikasi


Jus tomat dapat membuang racun dari tubuh. Selain itu, kandungan klorin dan sulfur membantu hati dan ginjal untuk menjalankan fungsi detoksifikasi dengan lebih baik. Faktanya, jus tomat mengandung potasium yang mengurangi retensi air selain itu dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang larut dalam lemak.

6. Menurunkan kolesterol


Kandungan serat berlebih dalam jus dapat membantu memecah kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kehadiran niacin juga terbukti memiliki dampak menguntungkan pada kadar kolesterol tinggi.

Tomat untuk skincare alamiTomat untuk skincare alami Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae

7. Meningkatkan kesehatan mata


Jus tomat mengandung fitonutrien seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin bersama dengan vitamin C yang dikenal dapat melindungi mata dari masalah penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Manfaat jus tomat juga berguna untuk metabolisme karena mengandung sumber vitamin B dan folat yang baik. Agar mata sehat, jus tomat juga bisa dicampur dengan wortel dan kurma.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com