7 Jus untuk Kolesterol yang Baik untuk Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 31 Okt 2020 08:00 WIB
jus delima untuk kanker prostat Foto: GettyImages
Jakarta -

Jus untuk kolesterol yang kadarnya tinggi dalam tubuh ini sangat aman dikonsumsi. Anda bisa mencoba membuatnya tanpa tambahan gula karena jauh lebih menyehatkan.

Kolesterol dalam kadar normal sebenarnya punya beragam peran yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi kolesterol justru menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Umumnya jumlah kolesterol total yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 200 ml/dL. Dengan jumlah kolesterol jahat (LDL) tidak lebih dari 120 mg/dL - 130 mg/dL. Lebih dari itu kolesterol cenderung akan mengendap pada dinding arteri yang berefek pada kesehatan jantung.

Selain bisa mengonsumsi buah dalam bentuk utuh. Buah-buahan ini juga bisa diolah menjadi jus.

Berikut ini jus untuk kolesterol yang bisa dikonsumsi:

1. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung senyawa penghilang kolesterol yang dikenal sebagai fitosterol. Dikutip dalam Dr. Oz sebuah tinjauan dari 84 studi ilmiah mengungkapkan bahwa mendapatkan 2 gram fitosterol sehari dapat membantu menurunkan kadar LDL berbahaya lebih dari 8 persen.

2. Jus Blueberries

Blueberry dikenal sebagai salah satu buah superfood. Buah ini dapat membantu menjaga arteri dalam darah agar bersih dengan mengurangi kadar LDL yang menyumbat arteri dalam darah.

Para peneliti menduga karena buah beri dapat mendukung fungsi hati dengan sangat baik. Blueberry bisa ditambahkan ke dalam salad ataupun diolah menjadi jus untuk kolesterol.

3. Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan bernama likopen yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam sebuah penelitian likopen dengan dosis di atas 25 mg per hari selama 2 minggu dari produk tomat yang dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sampai 10 persen.

4. Jus Alpukat

Jus untuk kolesterol dan hipertensi bisa mengonsumsi jus buah alpukat. Buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk pasien dengan tekanan darah tinggi. Alpukat juga merupakan sumber antioksidan dengan kandungan vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, buah alpukat juga dapat membantu mengatur kadar LDL dan HDL serta trigliserida tetap normal.

5. Jus Delima

Jus delima diduga dapat memblokir atau memperlambat penumpukan kolesterol di arteri orang-orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Seperti banyak jus buah, jus delima mengandung antioksidan, terutama polifenol. Jus delima mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada jus buah lainnya. Kandungan antioksidan buah delima tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah.

Antioksidan dianggap memberikan beberapa manfaat perlindungan jantung, termasuk mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL atau kolesterol jahat).

6. Jus Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang menurunkan kadar kolesterol tunggi. Nanas mengandung serat tinggi sehingga dapat meningkatkan eksresi empedu yang berdampak pada berkurangnya siklus enterohepatik.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C dan bromelain yang dapat menurunkan peradangan yang ada di dalam tubuh.

7. Jus Apel

Jus untuk kolesterol jahat adalah jus apel. Jus apel mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat sehingga dapat menghambat penumpukan pembuluh darah.

Kadar LDL yang banyak teroksidasi ini dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke. Sehingga jus untuk kolesterol yang bisa dipilih adalah jus apel.






Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)