Buah dan Sayur Penurun Kolesterol yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 25 Sep 2020 12:30 WIB
Homemade Autumn Apple Walnut Spinach Salad with Cheese and Cranberries Buah dan sayur penurun kolesterol. Foto: iStock
Jakarta -

Pola makan yang sehat merupakan salah satu cara efektif mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Jika ternyata kadar kolesterol sudah tinggi, ada jenis buah dan sayur penurun kolesterol yang dapat dinikmati setiap hari.

Menambahkan makanan yang bisa menurunkan LDL atau partikel berbahaya pembawa kolesterol yang berkontribusi pada penyumbatan arteri adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol.

Ada beberapa makanan yang tidak hanya bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat secara aktif membantu menurunkan kolesterol. Sebagai bagian dari diet jantung sehat, cobalah makan beberapa buah dan sayur ini setiap hari.

Berikut ini beberapa sayur dan buah penurun kolesterol yang bisa dinikmati:

1. Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita kolesterol. Buah berwarna hijau ini karena mengandung lemak tak jenih. Buah alpukat kaya akan vitamin dan mineral. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu turunkan kolesterol jahat (LDL).

Beberapa penelitian menunjukkan selain dapat mempengaruhi kadar kolesterol, buah alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan juga stabilkan gula darah. Alpukat juga mengandung glutathione dan antioksidan yang dapat berperan untuk mencegah kanker serta penyakit jantung.

2. Apel

Buah dan sayur penurun kolesterol cukup banyak, salah satunya adalah apel. Buah ini mengandung serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh melalui urin dan feses.

Buah apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang dapat membantu mengurangi pendarahan. Buah apel yang mengandung serat juga dapat membuat perut kenyang lebih lama.

3. Pepaya

Buah pepaya dapat dikatakan sebagai buah penurun kolesterol karena mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin C dan vitamin E.

Kolesterol yang menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi dapat membentuk plak dan menutupi pembuluh darah akan berbahaya bagi kesehatan. Vitamin E dan C pada buah pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan mencegah terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

4. Jeruk

Jeruk tidak hanya mengandung serat larut air tetapi juga vitamin C. Konsumsi buah jeruk secara teratur dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah jeruk juga mengandung d-limonene yakni senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan membantu menghambat pertumbuhan kanker payudara dan kanker usus.

Tinggi kandungan vitamin C, buah jeruk dapat membantu cegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Bayam

Tidak hanya buah, sayur penurun kolesterol juga bisa dikonsumsi. Sayuran berdaun hijau ini memiliki rasa yang enak dan juga mengandung serat. Setiap cangkir bayam mengandung sekitar enam gram serat serta vitamin dan mineral.

Supaya khasiatnya optimal, olah sayur bayam menjadi sayur bening supaya tidak ada penambahan minyak di dalamnya.

6. Terong

Sayur penurun kolesterol ialah terong. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus terong dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Terong juga mengandung serat sehingga cocok dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol.

7. Nanas

Nanas merupakan salah satu buah penurun kolesterol. Nanas mengandung serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan ekskresi empedu yang berdampak pada berkurangnya siklus enterohepatik. Nanas juga mengandung vitamin C dan senyawa bromelain yang berguna menurunkan peradangan yang ada di dalam tubuh serta mengurangi plak atau lemak yang menempel pada pembuluh darah manusia.



Simak Video "Bikin Jantung Sehat, Buat Manisan dari Terong Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)