7 Minuman untuk Diet Terbaik yang Bisa Tingkatkan Metabolisme

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 07:00 WIB
Shogayu, teh jahe Jepang Foto: iStock
Jakarta -

Kebanyakan orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Selain dengan cara mengurangi asupan makanan dengan kalori tinggi, tentunya minuman untuk diet juga perlu dipilih yang terbaik.

Minuman yang mengandung gula sebaiknya jangan dikonsumsi. Karena minuman jenis ini justru dapat menambah kalori yang tinggi sehingga akan menggagalkan program diet.

Pilihlah minuman untuk diet yang rendah kalori yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, menstabilkan gula darah dan mengontrol nafsu makan.

Berikut beberapa jenis minuman diet yang dilansir dalam Prevention:

1. Air Putih

Air putih tidak mengandung kalori. Akan tetapi kandungan H2O memiliki kualitas lebih yang membuatnya sangat berguna untuk menurunkan berat badan.

Peneliti telah menemukan bahwa pengeluaran energi istirahat Anda dapat meningkat hingga 24%-30% dalam 10 menit setelah minum air. Ini juga membantu ginjal dan hati melakukan tugasnya serta tetap terhidrasi juga membantu memuaskan nafsu makan.

2. Teh Hijau

Minuman untuk diet mengecilkan perut salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau memiliki dua bahan utama yang membantu dalam proses pembakaran lemak, kafein dan antioksidan.

Kafein adalah stimulan yang dikenal dapat meningkatkan pengeluaran kalori dan meningkatkan kinerja selama berolahraga.

Secangkir teh hijau mengandung 24-40 mg kafein. Teh hijau juga mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), penguat metabolisme lain yang bisa membantu memecah lemak dalam tubuh.

khasiat sehat minum air lemonkhasiat sehat minum air lemon Foto: iStock

3. Air Lemon

Air lemon belum terbukti meningkatkan metabolisme atau detoksifikasi. Tetapi mengonsumsi jus lemon adalah pilihan tepat minuman untuk diet karena rendah kalori.

Jus lemon juga dikemas dengan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi dan mengurangi risiko kanker tertentu.

4. Teh Jahe

Minuman untuk diet sehat salah satunya adalah teh jahe. Minuman ini mengandung jahe yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu mencegah kerusakan kardiovaskular dan pemicu stres lain yang muncul akibat kelebihan berat badan.

Berkat senyawa yang disebut dengan gingerol ini, jahe berpotensi meningkatkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol "jahat".

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum air jahe sebelum makan dapat membantu perut Anda terasa kenyang.

5. Cuka Sari Apel

Minuman untuk diet alami bisa dengan memanfaatkan cuka sari apel. Bahan utama penghilang lemak dalam cuka sari apel adalah asam asetat. Asam asetat juga dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar insulin dan menekan nafsu makan.

Salah satu studi yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 1 menemukan bahwa cuka sari apel memperlambat laju pengosongan makanan dari perut. Artinya dengan menambahkan beberapa sendok cuka sari apel ke minuman Anda dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Teh Hitam

Minuman untuk diet di pagi hari bisa dengan mengonsumsi teh hitam. Seperti teh hijau, teh hitam mengandung kafein (sekitar 47 mg), stimulan yang mempercepat metabolisme. Tetapi teh hitam unik karena mengandung banyak polifenol. Senyawa ini memiliki kapasitas untuk mengurangi asupan kalori, meningkatkan bakteri sehat di usus dan mendorong pemecahan lemak.

5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing Foto: iStock

7. Jus Buah

Jus buah yang dibuat sebaiknya tidak ditambahkan gula. Baik jus buah atau jus sayuran segar adalah minuman untuk diet yang rendah karbohidrat.

Jus sayuran mengandung vitamin dan nutrisi yang penting untuk kesehatan secara keseluruh. Tetapi para peneliti juga menemukan bahwa orang yang minum jus sayuran akhirnya meningkatkan konsumsi sayuran mereka dan makan lebih sedikit karbohidrat.

Minuman untuk diet alami ini dapat mengkombinasikan sayuran dan buah agar rasanya enak.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Iga Bakar Madu Lemon dan Sup Gurame Kari Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)