Sukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa Menyiksa

Devi Setya - detikFood Minggu, 18 Okt 2020 10:00 WIB
Sukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa Menyiksa Foto: twitter @dff21
Jakarta -

Dulunya pria ini punya berat badan 80 kilogram, tapi ia sukses membuatnya turun 20 kilogram. Program dietnya pun dianggap enak dan tak menyiksa.

Demi mendapatkan berat badan ideal, banyak orang melakukan diet. Tapi tak sedikit program diet yang justru membuat orang tersiksa karena menahan lapar karena membatasi asupan makanan.

Tapi tidak bagi pengguna akun twitter @dff21 yang justru punya pengalaman asyik saat menekan berat badannya. Pria yang akrab disapa Daf ini curhat lewat media sosialnya.

Sukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa MenyiksaSukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa Menyiksa Foto: twitter @dff21

"Halo semua! Jadi aku mau cerita dikit ya, sebenernya aku tuh dari bayi emang ga pernah gendut (maaf tidak menyinggung siapapun) dan ini adalah foto detik2 kurusku, saat itu tahun 2016 dan posisinya aku kelas 12 SMA," kata Daf membuka kisahnya.

Pria yang tinggal di Surabaya ini menceritakan kalau berat badannya melonjak naik karena ia mengalami stres. Ia gagal lolos seleksi masuk universitas negeri.

Stresnya ini ia lampiaskan pada makanan. Setiap merasa kesal, Daf selalu makan dan ngemil.

Setelah duduk di bangku kuliah, Daf sadar kalau berat badannya ini sangat mengganggu. Apalagi teman-temannya juga merasa pangling dengan bentuk fisik Daf kala itu.

"Semua cara sudah kucoba.. dari OCD, puasa, diet A-Z dan semuanya ga ada yang berhasil.. akhirnya aku mikir, gimana kalo aku kombinasiin semua diet yg udah aku coba menjadi versiku sendiri?," lanjut Daf.

Sebenarnya pola diet yang dilakukan Daf ini terinspirasi dari youtube YouTuber Yulia Baltschun tentang diet kalori dan air putih. Daf juga membeberkan pola makannya selama diet.

Ia mengatakan yang terpenting adalah niat dan komitmen. Kemudian untuk langkah dietnya, Daf menegaskan untuk banyak minum air putih dan menghindari aneka minuman manis sama sekali.

Pola makan yang dilakukannya juga dijelaskan secara gamblang. Dalam sekali waktu makan, Daf hanya menyantap 2 sendok makan nasi lalu lauknya hanya sayuran.

Daf mengatakan asupan makanan yang disantapnya ini harus mengikuti kebutuhan kalori harian. Misalnya Daf memiliki kebutuhan 1600 kalori per hari, maka ia hanya diperkenankan makan makanan sesuai kebutuhan kalori ini.

Sukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa MenyiksaSukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa Menyiksa Foto: twitter @dff21

Daf merinci contoh menu makanna yang ia santap. "Sarapan: bubur ayam (300kkal), makan siang: udon tempura (600kkal), nyemil2: sliced cake (300kkal), makan malam: nasi goreng (300kkal), minum: air putih (0 kalori), total kalori yang dimakan-> 1500kkal. Padahal kebutuhan kalori harianku kan 1600, aku malah memilih untuk makan yang kurang dari 1600, karena apa? karena kalo makan yang lebih dari total 1600, jadinya bukan energi beb, melainkan lemak," jelas Daf.

Selain mengatur pola makan, Daf juga melakukan olahraga fisik. Ia melakukan cardio 10 menit setiap hari. Alhasil, berat badannya cepat menjadi ideal karena berhasil susut 20 kilogram dalam waktu 4 bulan.

Dietnya ini juga diakui efektif dengan hasil permanen. Hingga saat ini Daf mengaku berat badannya selalu di angka 60-61 kilogram. Wah bisa dicoba nih!



Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)