Makanan Rendah Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Diet, Ini Daftarnya

Puti Yasmin - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 12:00 WIB
Diet telur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital/Makanan Rendah Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Diet, Ini Daftarnya
Jakarta -

Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa memicu kegemukan pada tubuh seseorang. Maka dari itu, diet dengan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat bisa menjadi solusinya.

Selain kegemukan, ternyata makanan tinggi karbohidrat bisa memicu penyakit, seperti diabetes. Pasalnya, karbohidrat dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa atau gula sehingga bisa menaikkan gula darah.

Berikut makanan rendah karbohidrat pengganti nasi:

1. Telur

Telur menjadi makanan pokok rendah karbohidrat yang bisa dengan mudah dikonsumsi orang. Sebab, telur hanya mengandung karbohidrat sebesar 1,12 gram per 100 gramnya.

Selain itu, telur memiliki protein yang sangat tinggi, yakni mencapai 12,53 gram. Tingginya protein bisa membantu bentuk tubuh menjadi ideal.

2. Brokoli

Brokoli dapat diolah menjadi "nasi" dengan dirajang atau dipotong kecil sampai menyerupai beras. Brokoli sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang tengah diet. Makanan yang memiliki bentuk unik ini hanya mengandung 6,64 gram karbohidrat per 100 gramnya.

"Nasi" brokoli sangat mudah dibuat. Bisa dengan dikukus atau ditumis tanpa minyak. Supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan lauk berupa telur rebus atau potongan daging.

3. Yogurt

Jika lapar, makanan rendah karbohidrat yang bisa dikonsumsi lainnya adalah yogurt. Makanan ini merupakan produk olahan dari susu sapi yang mengandung banyak manfaat.

Dalam 100 gramnya, yogurt hanya memiliki kandungan karbohidrat sebesar 7,04 gram. Sedangkan kalorinya hanya sebanyak 63 sehingga cocok untuk diet.

3. Oatmeal

Dalam 1/2 cangkir oatmeal mengandung 153 kalori, 27 gram karbohidrat dan 4 gram serat. Serat pada oatmeal adalah jenis serat larut yang berubah yang membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama. Ini membuat oatmeal sangat cocok bagi yang sedang menjalankan program diet.

Oatmeal juga disebut memiliki manfaat menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menstabilkan gula darah. Namun, pastikan Anda memilih oatmeal tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya.

4. Ikan Salmon

Makanan rendah karbohidrat selanjutnya adalah ikan salmon karena tidak memiliki kandungan sepeser pun atau 0 gram. Makanan ini malah kaya akan protein, yakni mencapai 21,62 gram per 100 gramnya. Ikan ini punya nutrisi lengkap dengan beragam manfaat.

American Heart Association bahkan merekomendasikan mengonsumsi dua porsi ikan salmon per pekan. Pasalnya ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa ini juga baik bagi Anda yang sedang diet karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan deposisi lemak.

5. Bayam

Makanan yang enak disantap dengan cara dibuat sup ini memiliki kandungan karbohidrat hanya sebesar 3,63 gram per 100 gramnya. Bayam juga tinggi protein, yakni memiliki 2,86 gram.


6. Semangka

Terakhir, buah rendah karbohidrat adalah semangka. Buah dengan cita rasa segar ini diketahui mengandung lebih dari 90% air di dalam buahnya.

Dalam 100 gramnya, buah semangka hanya mengandung 7,5 gram karbohidrat. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin A dan C untuk daya tahan tubuh.

Jangan lupa mencoba makanan rendah karbohidrat untuk diet ya



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)