Manfaat Masker Tomat untuk Wajah, Bikin Glowing dan Mulus!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 14 Des 2020 09:00 WIB
Tomat untuk skincare alami Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae
Jakarta -

Merawat kesehatan kulit wajah bisa dengan cara alami. Salah satunya dengan masker tomat. Berikut manfaat masker tomat yang bikin wajah glowing dan mulus!

Sejak lama tomat terkenal dengan sejuta manfaat sehatnya, termasuk untuk kulit. Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Khusus untuk wajah, tomat bisa diracik menjadi masker alami. Masker ini tinggal dioleskan ke wajah dan didiamkan beberapa saat lalu dibilas.

Hasilnya, kulit wajah akan bersih, sehat, glowing, dan kenyal. Lalu apa lagi manfaat masker tomat untuk wajah?

Berikut detikfood merangkum informasinya dari Parenting Firstcry:

1. Bikin glowing
Manfaat masker tomat untuk wajah ini pasti didambakan banyak wanita. Pasalnya masker tomat membuat wajah glowing atau bercahaya dan cerah.

Hal ini karena kandungan vitamin C yang bersifat mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan jus tomat ke wajah atau menempelkan beberapa lembar irisan tomat ke wajah.

Tomat untuk skincare alamiFoto: Getty Images/iStockphoto/silvae

2. Kurangi minyak di wajah
Kulit berminyak jadi masalah sebagian besar orang. Ternyata hal ini bisa diatasi dengan masker tomat.

Tomat bersifat sebagai astringent alami, yang menjadikannya bahan ideal untuk menghilangkan minyak berlebih dari wajah. Coba oleskan tomat dengan gerakan memutar selama beberapa detik di wajah untuk menghilangkan minyak-minyak membandel.

3. Atasi pori-pori terbuka
Pori-pori kulit wajah yang terbuka membuat tampilan wajah secara keseluruhan kurang maksimal. Masker tomat pun bisa jadi solusinya.

Manfaat masker tomat untuk wajah salah satunya adalah mengurangi pori-pori terbuka tersebut. Masker tomat juga bisa mencegah munculnya komedo.

Baca Juga: Agar Kulit Kencang dan Cerah Gunakan 4 Racikan Masker Alami Ini

4. Lawan kerusakan sel kulit
Tomat tinggi kandungan likopen yang berperan penting untuk mencegah dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat lainnya adalah mengurangi kemerahan di kulit.

Semua ini membuat wajah seseorang akan lebih awet muda. Kemunculan garis-garis halus dan kerutan di wajah juga akan berkurang.

Tomat untuk skincare alamiFoto: Getty Images/iStockphoto/silvae

5. Bikin kulit lembut dan kenyal
Kulit wajah cerah, lembut, dan kenyal adalah idaman banyak orang. Manfaat masker tomat untuk wajah salah satunya adalah mendapat hal di atas.

Masker tomat ideal untuk menggosok sel-sel kulit mati yang menumpuk di bawah kulit, mencegah komedo, hingga membuat kulit lembut dan kenyal.

Untuk meracik masker tomat untuk wajah, kamu bisa memadukan beberapa bahan alami lain. Misalnya saja madu, putih telur, lemon, dan minyak zaitun.

Masing-masing racikan masker tomat di atas memiliki kegunaan yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Berikut cara membuat masker tomat.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Masker Tomat yang Bikin Wajah Cerah

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com