Agar Kulit Kencang dan Cerah Gunakan 4 Racikan Masker Alami Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 09 Des 2018 14:57 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Setelah sibuk bekerja, waktu libur saatnya manjakan diri. Tak perlu keluarkan uang mahal, Anda bisa maskeran di rumah dengan bahan ini.

Masker wajah yang satu ini bisa diaplikasikan sembari tidur. Cukup sisihkan waktu beberapa menit, masker alami ini bisa membuat wajah Anda tampak lebih cerah hingga cegah keriput. Penasaran? Dikutip dalam NDTV (21/09) Berikut ini beberapa masker wajah alami berbahan putih telur hingga tomat yang bisa dicoba di rumah.

1. Bubuk kunyit dan susu

Cegah Keriput Hingga Cerahkan Wajah dengan 4 Racikan Masker Alami IniFoto: Istock

Susu menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu cerahkan kulit. Susu mengandung asam laktat yang membantu dalam mendapatkan warna kulit yang cerah merata. Sedangkan kunyit memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang juga dapat membantu cerahkan kulit wajah.

Untuk membuat masker ini, Anda bisa menyiapkan 4 sdt bubuk kuntit dan 5-6 sdt susu. Campurkan susu dan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikanlah ke wajah. Biarkan semalam, bilas wajah dengan air dingin di pagi hari. Untuk hasil yang lebih optimal, aplikasikanlah 3-4 kali seminggu.

Baca juga: 5 Racikan Masker Putih Telur Ini, Bikin Wajah Tampak Lebih Kencang

2. Putih telur

Cegah Keriput Hingga Cerahkan Wajah dengan 4 Racikan Masker Alami IniFoto: gettyimage

Putih telur kaya akan vitamin A yang dikenal untuk mengencangkan kulit, menutup pori-pori dan melawan masalah penuaan dini. Bahannya hanya 1 butir putih telur. Ambil mangkuk dan tambahkan putih telur ke dalamnya. Oleskan putih telur secara merata ke wajah selama 15 menit, diamkan hingga kering.

Anda bisa meninggalkannya semalaman dan bilas dengan air dingin keesokan harinya dan gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang terbaik.

3. Oats dan madu

Cegah Keriput Hingga Cerahkan Wajah dengan 4 Racikan Masker Alami IniFoto: Istock

Oats mengandung senyawa yang disebut dengan saponin yang bertindak sebagai pembersih alami. Oat dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit dan membantu kurangi jerawat. Antioksidan dan anti peradangan yang ada di dalamnya juga dapat membantu obati kulit kering dan mengangkat sel kulit mati.

Madu juga bertindak sebagai pelembab dan bekerja sangat luar biasa pada kulit yang kering. Jika lutut, siku dan bibir pecah-pecah, Anda bisa mengoleskannya dengan madu.

Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 sdm oat dan 1 sdm madu. Mulailah dengan mencampurkan oat dan madu dalam mangkuk. Biarkan tercampur hingga rata dan diamkan sekitar 5 menit sampai oat melunak. Aduk hingga rata dan oleskan secara merata di wajah. Masker ini bisa membantu perbaiki sel kulit mati dan membuat kulit wajah lebih sehat.

4. Tomat

Cegah Keriput Hingga Cerahkan Wajah dengan 4 Racikan Masker Alami IniFoto: Istimewa

Tomat berfungsi sebagai astringen. Ini sangat baik untuk membantu atasi masalah jerawat dan mengembalikan kulit yang kusam kembali cerah. Cukup siapkan tomat ukuran sedang dan 2 sdm susu. Haluskan tomat dan campurkan dengan susu kemudian oleskan ke wajah sampai rata.

Setelah itu diamkan hingga kering dan lapisi lagi wajah dengan masker tomat. Anda bisa membawanya sambil tidur dan bilas keesokan harinya.

Baca juga: Buat Sendiri 6 Masker Sayuran yang Bikin Wajah Putih Kencang (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com