7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 09 Jan 2021 06:00 WIB
7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

3. Semakin Kurus Semakin Sehat

7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

Memiliki tubuh kurus bukan tanda bahwa tubuh sehat sepenuhnya. Sama seperti obesitas, tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi cukup nutrisi dan olahraga secara rutin lebih baik daripada mengurangi nutrisi terlalu besar untuk menurunkan berat badan. Menjaga tidur yang teratur dan memerhatikan asupan lemak akan lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan.

4. Semua Jus Buah Sehat

Jus buah dan sayur banyak dipercaya sebagai makanan yang sepenuhnya sehat. Jus dengan karakteristik seperti ini memungkinkan tubuh mendapatkan vitamin, mineral dan antioksidan yang lebih efektif.

Tetapi perlu diperhatikan, beberapa jus dan smoothie mengandung gula dan klori berlebih yang justru akan menyebabkan kenaikan berat badan dan penumpukan gula berlebih dalam tubuh. Jus atau smoothie yang seperti itu biasanya terdapat pada jus dan smoothie kemasan. Maka, lebih baik untuk mmebuat jus dan smoothie sendiri di rumah.

5. Karbohidrat Penyebab Naiknya Berat Badan

7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya7 Mitos Soal Diet dan Nutrisi Ini Masih Banyak Dipercaya Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

Banyak orang berusaha menjaga berat badan tetap ideal dengan menghindari asupan karbohidrat. Padahal konsumsi karbohidrat secara terkendali dan sesuai anjuran justru dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Mitos karbohidrat adalah nutrisi yang buruk harus dihentikan.

Pasalnya pola makan dengan campuran yang seimbang antara serat dan karbohidrat dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung. Termasuk karbohidrat baik yang bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran yang mengandung pati atau biji-bijian utuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com